Magister Psikologi UMBY Bahas Kontribusi Ilmuwan Psikologi di Masa Pandemi

Pada awal tahun akademik 2021 ini, Magister Psikologi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) kembali menyelenggarakan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB). Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Magister Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta bersama dengan pengelola Program Studi Magister Psikologi UMBY memanfaatkan momentum PKKMB untuk memperkenalkan mahasiswa baru dengan dunia kampus dan mempersiapkan lulusan yang berkualitas.  


Salah satu rangkaian kegiatan  PKKMB di Magister Psikologi adalah kegiatan Studium  Generale  yang mengangkat tema  “Kontribusi Ilmuwan Psikologi di Masa Pandemi dari Teori ke Praktik”. Pembicara dalam kuliah umum ini adalah Dra. Sri Kusrohmaniah, M.Si., Ph.D., Psikolog yang merupakan pengajar di Fakultas Psikologi UGM dan dimoderatori oleh Angelina Dyah Arum, M.Psi, Psikolog yang merupakan pengajar di Fakultas Psikologi UMBY. Acara yang berlangsung pada hari Jumat 10 September 2021 ini dilakukan secara daring melalui platform Zoom dan dihadiri oleh Dekan, Wakil Dekan, serta Dosen Fakultas Psikologi dari jenjang S1 dan S2.  


Dalam paparannya, Dra. Sri Kusrohmaniah, M.Si., Ph.D., Psikolog menjelaskan bahwa kontribusi utama ilmuwan psikologi di masa pandemi ini adalah di bidang penelitian. Selain itu, ilmuwan psikologi juga dapat berkontribusi dengan melakukan pengabdian kepada masyarakat. Ilmuwan psikologi dapat mengaplikasikan hasil-hasil penelitian melalui pengabdian masyarakat dan menjadikan pengembangan keilmuan psikologi sebagai pekerjaan atau tantangan dimasa pandemi covid-19. Penelitian psikologi dapat dijalankan dengan metode penelitian kuantitatif, kualitatif, atau campuran dari kedua pendekatan tersebut. Pembicara juga memaparkan bahwa berbagai tahapan penelitian harus dilakukan dengan tepat dari mulai memilih topik hingga rekrutmen partisipan dan menyiapkan tempat dan peralatan penelitian. Pemateri juga mengingatkan bahwa proses yang tidak kalah penting adalah pembuatan laporan hasil penelitian, mengirimkan artikel untuk publikasi di jurnal, dan penyiapan HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual).


Dr. Kamsih Astuti, M.Si, Psikolog selaku Ketua Program Studi Magister Psikologi dalam sambutannya menyatakan bahwa para ilmuwan psikologi hendaknya terus menambah wawasan khususnya terkait dengan kode etik psikologi dalam melakukan layanan psikologi kepada masyarakat khususnya di masa pendemi ini.