PBI UMBY Manfaatkan Jejaring Alumni untuk Menjalin Mitra MBKM

Sabtu, (03/07/2021), program studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) berkolaborasi dengan Ikatan Alumni Pendidikan Bahasa Inggris (IKAPBI) UMBY menyelenggarakan acara Temu Alumni bertajuk “Tiada Kata Putus di antara Kita”.


Acara yang digelar selama 3 jam secara daring ini dihadiri oleh Dekan dan Wakil Dekan FKIP, Ketua program studi PBI dan segenap jajarannya serta para alumni PBI.


“Meskipun kita belum bisa bertemu secara langsung, harapan kami dalam temu alumni daring kali ini, bisa selalu memberikan manfaat dan kontribusi untuk prodi,” tutur Milla Nurvita, S.Pd., dalam sambutannya sebagai ketua IKAPBI.


Ditambahkan pula oleh Elysa Hartati, S.Pd., M.Pd. sebagai Ketua program studi (Kaprodi) PBI UMBY, bahwa temu alumni ini tidak hanya digunakan sebagai ajang silaturahmi tetapi dari sini kontribusi dari para alumni ini pun juga penting untuk mengembangkan sebuah program studi. Para lulusan ini lah yang menggambarkan citra dari sebuah program studi, sehingga mampu menghasilkan lulusan yang unggul sesuai dengan visi dan misinya.


Di tengah kurikulum pendidikan tinggi yang saat ini terus berkembang, tentunya peranan alumni menjadi sangat krusial. Prodi memanfaatkan momen ini dengan menjalin kerjasama dengan para alumni di perusahaan atau instansi dimana mereka bekerja atau yang mereka miliki.


Dipaparkan di awal oleh Elysa Hartati, S.Pd., M.Pd. tentang konsep awal dari kurikulum yang akan berjalan berbasis Outcome-based Education (ObE) dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), dimana kurikulum ini memberikan hak kepada mahasiswa untuk belajar seluas-luasnya dari berbagai tempat dengan metode experiential learning. Mahasiswa bisa belajar dari prodi asal, lintas prodi dalam 1 Perguruan Tinggi (PT) maupun instansi luar PT.


Inilah yang akhirnya menjadikan peluang untuk berkolaborasi lebih lanjut antara PBI dan IKAPBI. Dari banyaknya alumni PBI yang tersebar di dalam negeri maupun luar negeri, mereka bisa menampung para mahasiswa PBI untuk melakukan aktivitas merdeka belajar seperti Asistensi Mengajar, Magang atau Praktik Kerja, Studi Independen dan yang lainnya.


Daniel Ari Widhiatama, S.Pd., M.Hum., dosen PBI juga menjelaskan secara teknis bagaimana nantinya kerjasama ini akan terjalin. “Kami sedang menyusun prosedur operasional berstandar (POB) serta draft perjanjian kerjasamanya. Dari forum temu alumni ini, kita diskusikan bersama supaya kedua belah pihak (PBI dan mitra) bisa saling mendapatkan benefit dari kerjasama ini,” tuturnya.


Langkah ini disambut baik oleh para alumni yang hadir pada acara tersebut. Para alumni siap menjembatani kerjasama ini dengan para pimpinan instansinya. Seperti yang diungkapkan oleh Reni Septiana, S.Pd. yang saat ini bekerja di PT. Yureka Edukasi Cipta (YEC). “Ini kesempatan yang baik karena perusahaan saya juga sedang mencanangkan program magang tahun ini. Jadi, kalau prodi ada program seperti ini, kami siap untuk berdiskusi lebih lanjut untuk mempelajari kerjasamanya,” ungkapnya.


Selain itu, ada juga yang siap menjalin kemitraan seperti One Stop English Education (OSEE), SMAIT Nurul Ihsan Boarding School Cilacap, Obah Woodwork yang dimana tempat alumni bekerja.


Nuryadi, S.Pd.Si., M.Pd., Dekan FKIP, sangat mengapresiasi langkah yang ditempuh oleh PBI UMBY ini. Beliau juga sangat bersyukur IKAPBI aktif berjalan, tidak hanya pada momen-momen tertentu tetapi keakfiannya membantu prodi juga bisa dilihat dari keterlibatannya di beberapa kegiatan prodi PBI UMBY.


Kegiatan temu alumni ini juga ditutup dengan pemilihan ketua IKAPBI, dan terpilihlah kembali berdasarkan polling, Ibu Milla Nurvita, S.Pd. sebagai ketua IKAPBI di periode ke-2 nya di tahun 2021-2025. Beliau berharap IKAPBI selalu bisa bersinergi dengan prodi untuk PBI UMBY yang lebih baik.