Fakultas Psikologi UMBY Gandeng UPSI Malaysia Selenggarakan Webinar Internasional


Situasi dan kondisi pandemi memberikan tantangan yang tidak mudah dihadapi oleh orangtua yang memiliki anak dengan gangguan autisme. Orangtua tidak hanya menghadapi permasalahan sosial ekonomi karena pandemi, pembatasan kegiatan di sekolah dan tempat terapi juga menjadi permasalahan tersendiri bagi mereka. Saat pandemi, sekolah membatasi kegiatan pembelajaran di sekolah. Pembatasan kegiatan terapi juga dilakukan sehingga anak dengan autisme kurang mendapatkan pelayanan intervensi terapi yang dibutuhkan. Saat pengasuhan dan pendampingan anak dengan autisme dilakukan lebih banyak oleh orangtua, maka salah satu tantangan yang dihadapi orangtua adalah mengajari dan melatih anak dengan autisme untuk mengelola emosi.


Kegiatan webinar internasional tersebutdilaksanakan pada Kamis, 1 Juli 2021 pukul 08.00 – 13.00 WIB secara online dan dapat diakses melalui kanal youtube Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Webinar internasional diikuti sekitar 500 peserta dari Indonesia dan Malaysia. Peserta webinar berasal dari beragam kalangan masyarakat yaitu mahasiswa, guru, terapis, orangtua, akademisi, praktisi, dan berbagai peserta dari masyarakat umum yang memiliki perhatian terhadap pendampingan dan pengasuhan anak dengan autisme.  


Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Bapak Didik Wardaya, S.E., M.Pd. Dalam sambutannya, Pak Didik Wardaya menyambut dengan baik adanya webinar internasional yang mengambil tema pengasuhan dan pendampingan untuk anak dengan autisme. Hal ini mendukung juga program layanan yang dilakukan oleh Pusat Layanan Autis (PLA) Yogyakarta yang selama ini sudah memberikan layanan terapi, pendidikan transisi, dan pendampingan orangtua yang memiliki anak dengan autisme dan anak dengan kebutuhan khusus lainnya.


Webinar dibagi menjadi dua sesi yaitu seminar online dan talkshow. Sesi seminar online menghadirkan 3 narasumber yang mumpuni di bidangnya yaitu dr. Braghmandita W. I., M.Sc, Sp.A dari RSUP Dr. Sardjito, Dr. Yeni Triwahyuningsih, Psikolog dari Fakultasi Psikologi UMBY, dan Sukinah, M.Pd dari Prodi Pendidikan Luar Biasa Fak. Ilmu dan Kependidikan UNY. Antusiasme peserta terhadap materi ditunjukkan dengan beragam pertanyaan tentang permasalahan yang dihadapi dalam keseharian. Hal ini menunjukkan bahwa edukasi dan materi parenting terutama pengasuhan dan pendampingan anak autistik sangat diperlukan.


Sesi talkshow menghadirkan 3 narasumber yang berpengalaman dalam pengasuhan dan pendampingan anak dengan autisme yaitu Nihan Werdi Sesulih, S.Pt yang merupakan ibu dari 2 anak dengan autisme serta pemilik usaha The Little House, Dr. Norsayyidatina Che Rozubi yang merupakan dosen Universitas Pendidikan Sultan Idris sekaligus Kaunselor Berdaftar di Malaysia, serta Kumala Windya, M.Psi, Psikolog dari Fak. Psikologi UMBY.


Dr. Norsayyidatina menyampaikan bahwa orangtua dan guru dapat mengalami stres dan cemas saat mendampingi anak autistik namun harus segera bangkit dan mencari solusi atas permasalahan yang dihadapi. Apabila orangtua dan pendamping merasa stres dan cemas maka langkah yang perlu dilakukan adalah mengelola stres dan cemas tersebut. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan relaksasi yang diajarkan oleh Kumala Windya, M.Psi, Psikolog secara sederhana, mudah, dan cepat namun efektif mengurangi stres dan cemas.


Kegiatan webinar ditutup oleh Dekan Fakultas Psikologi UMBY, Reny Yuniasanti, M.Psi, Psikolog yang menyambut baik adanya kegiatan webinar internasional. Harapannya webinar ini memberikan manfaat seluas-luasnya bagi masyarakat di Indonesia dan Malaysia. Selain itu webinar ini menjadi pemantik untuk kerjasama dalam program pengabdian masyarakat berikutnya.