Prodi MTK UMBY Gelar Tinjauan Kurikulum

Seiring dengan perkembangan jaman yang semakin kompleks, tuntutan dunia kerjapun semakin tinggi. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu sistem yang  relevan untuk memenuhi tunutan tersebut. Salah satu yang dapat dilakukan adalah memperbarui kurikulum pendidikan tinggi yang merupakan ruh dalam menjamin sistem pelaksanaan pendidikan perlu dikaji guna mendapatkan lulusan yang kompeten.


Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) sebagai salah satu program studi yang menyelenggarakan pendidikan melakukan peninjauan kurikulum guna memenuhi tantangan jaman. Kurikulum Prodi Pendidikan Matematika yang terbaru kini guna menyongsong kebijakan baru kurikulum yakni Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Selain itu, Program studi turut mewajibkan metode Outcome Base Education (OBE) dalam sistem pembelajarannya.


Dalam proses penyusunannya, kurikulum telah dilakukan review baik oleh internal dan eksternal. Review internal dilakukan oleh tim kurikulum universitas sedangkan reviewer eksternal dilakukan oleh Dr. Ali Mahmudi, M.Pd. yang merupakan pakar kurikulum dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Review eksternal dilakukan pada hari Selasa tanggal 6 Juli 2021 pukul 10.00 hingga selesai. Acara dilakukan secara online dan dihadiri oleh para dosen dan stakeholder.


Berdasarkan hasil review menunjukkan bahwa secara umum sudah sangat baik namun diperlukan sedikit pembenahan guna menyempurnakan hasil yang diperoleh. Rencananya Kurikulum MBKM Prodi Pendidikan Matematika UMBY, akan di implementasikan pada tahun ajaran baru yakni 2021-2022.


Melania Eva Wulanningtyas, M.Pd. selaku ketua program studi menyatakan bahwa Program Studi Pendidikan Matematika siap untuk mengimplementasikan kurikulum MBKM untuk menjawab tantangan dunia pendidikan dan dunia kerja kedepan.


“program studi telah menyiapkan berbagai alternatif kebijakan yang dapat diambil oleh mahasiswa sehingga dapat menunujang perkuliahan dengan kurikulum yang baru,” tutur Melania Eva Wulanningtyas, M.Pd.