Himpunan Mahasiswa Teknologi Pangan UMBY Selenggarakan Bedah Buku dan Workshop

Terkait dengan pelaksanaan program kerja divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM), Himpunan Mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian (THP) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) menyelenggarakan kegiatan bedah buku dan workshop dengan mengusung tema “Being An Inspiring and Creative With Skilled at Writing”. Kegiatan berlangsung selama 2 hari yakni pada Kamis, 01/07/2021 dan Jumat, 02/07/2021.


Kegiatan bedah buku bertujuan untuk memperdalam wawasan mengenai pati, dalam buku “Kimia Beras, Biosintesis dan Sifat Fungsional Pati” penulis Dr. Ir. Wisnu Adi Yulianto, M.P. yang sekaligus ikut serta hadir dalam kegiatan ini. Sedangkan, mengembangkan minat serta keterampilan dalam menulis dan membaca, menjadi tujuan yang dicapai pada workshop kali ini. “Gugah Inovasi dan Kreativitas Melalui Karya Tulis Ilmiah” merupakan judul yang diusung oleh Prof. Dr. Ir. Hj. Dwiyati Pujimulyani,M.P.selaku pemateri Workshop.


Pembedah buku karya Dr. Ir. Wisnu Adi Yulianto, M.P. merupakan salah satu dosen Fakultas Agroindustri, Prodi Teknologi Hasil Pertanian UMBY yaitu Prof. Dr. Ir. ch. Wariyah, M.P. Dengan beberapa penghargaan yang telah beliau raih diantaranya, Dosen Berprestasi I Tingkat Kopertis Wilayah V DIY Tahun 2010, Penyaji Terbaik Seminar Multi Tahun 2009, Penyaji terbaik Poster Pada Seminar Hasil Penelitian Kompetitif 2014 di Yogyakarta dan masi banyak penghargaan lainya.


Persiapan kegiatan ini dapat dikatakan cukup matang, oleh karenanya selama kegiatan berlangsung dapat memberikan pembahasan yang sangat berbobot juga bermanfaat. Materi dari buku yang disampaikan oleh pembedah Prof. Dr. Ir. ch. Wariyah, M.P. mampu menambah pemahaman pembaca mengenai pati dan memberikan bekal referensi untuk pengembangan suatu penelitian khususnya ilmu pangan dari buku tersebut.


Kegiatan bedah buku dan workshop diikuti sekitar 160 peserta yang terdiri dari dosen, rekan mahasiswa berbagai angkatan, dan kalangan masyarakat umum. Kegiatan bedah buku berlangsung pada pukul 10.00 WIB dan Workshop pada pukul 13.00 WIB, kegiatan berlangsung secara online melalui platform zoom sampai dengan selesai.


Pembukaan dilakukan bersama oleh para hadirin dengan menyanyikan atau mendengarkan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjutkan pembukaan singkat secara formal oleh Bella selaku Ketua pelaksana, Prof. Dr. Ir. Hj. Dwiyati Pujimulyani, M.P.  selaku ketua program studi Teknologi Hasil Pertanian UMBY, dan dekan fakultas Agroindustri UMBY bapak Dr. Agus Slamet, S.TP., M.P. Acara diakhiri oleh pengisian kuis berdasarkan materi yang telah disampaikan pada workshop dan dipilih 3 peserta pemenang. Dalam kegiatan bedah buku pun terdapat door prize bagi 2 peserta yang aktif bertanya.


Antusiasme para peserta yang hadir dapat dikatakan sangat baik, tidak sedikit peserta yang aktif bertanya juga mengungkapkan apresiasinya kepada pemateri ataupun kepada panitia yang telah menjalankan tugasnya dengan baik. Kegiatan bedah buku yang dipandu oleh Setya Romana.S.TP. selaku moderator dan Aloysia Louis Santoso sebagai MC berjalan dengan baik tanpa ada kendala yang cukup berarti, begitupun kegiatan workshop dengan moderator Zahrotul Umah F.A.


Prof. Dr. Ir. Hj. Dwiyati Pujimulyani, M.P. dalam penyampaianya memberikan sangat banyak ilmu dan membagikan bagaimana cara yang tepat, juga langkah-langkah dalam pembuatan artikel ilmiah. Tentunya hal tersebut dapat memberikan bekal bagi para pemula ataupun yang sedang mempersiapkan untuk membuat karya berupa tulisan sehingga dapat diaplikasikan dan menghasilkan hasil yang baik.


Bella menyampaikan rasa kebahagiaannya atas kegiatan yang terlaksana dengan baik karena acara bedah buku maupun workshop berjalan dengan lancar dan dapat dikatakan sukses. Beliau berharap bagi para penulis dapat berbagi wawasan dengan mahasiswa maupun masyarakat umum sehingga dapat lebih bermanfaat ilmunya.


“Harapannya jika acara seperti ini diadakan kembali, kedepannya dapat membuat acara bedah buku dan workshop dengan skala yang jauh lebih besar atau luas, lebih menarik, dan juga dapat menjadi wadah untuk berbagi ilmu atau pengalaman antar penulis dan peserta,” Harap Bella selaku ketua panitia.