BEM Fakultas Agroindustri UMBY Selenggarakan Latihan Dasar Kepemimpinan

Badan Eksekutif  Mahasiwa (BEM) Fakultas Agroindustri Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) Divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) telah melangsungkan acara Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK). Acara ini dilaksanakan selama tiga hari pada Jum’at, Sabtu dan Rabu, tanggal 18, 19 dan 23 Juni 2021 dengan mengusung tema “Membangun Jiwa Kepemimpinan yang Berbudi Pekerti Luhur, Profesional, Humanis, Bermasyarakat dan Modern di Era Pandemi”.


Acara untuk hari pertama yaitu seminar dengan judul “Kepemimpinan di Lingkungan Kampus” oleh pemateri sekaligus dosen pengampu mata kuliah kepemimpinan Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) yaitu Ir. Wafit Dinarto, M.Si. Hari kedua adalah penyampaian materi kepemimpinan oleh Liberty Lydia Pelawi, S.T. dengan judul “Kepemimpinan dalam Dunia Kerja”, sedangkan untuk hari ketiga adalah kegiatan FGD (Focus Group Discussion).


Acara yang dilangsungkan secara online melalui platform zoom ini turut mengundang dosen Fakultas Agroindustri UMBY dan dihadiri lebih dari 230 peserta. Latihan Dasar Kepemimpinan pada hari pertama dipandu oleh Nisfia Anggraeni dan untuk hari kedua dan ketiga dipandu oleh Desti Ramdaniyanti. Kegiatan ini diawali sambutan oleh Ekel Primsa Ginting selaku ketua panitia kemudian sambutan dari Adi Cahyo Pangestu selaku Gubernur BEM Fakultas Agroindustri UMBY, dan yang terakhir dari Dr. Agus Slamet, S.TP., M.P. selaku Dekan Fakultas Agroindustri UMBY.


Materi yang disampaikan sangat bermanfaat dan diharapkan untuk kita lebih memahami bagaimana cara untuk membangun jiwa kepemimpinan yang berbudi pekerti luhur, profesional, humanis, bermasyarakat dan modern di era pandemi ini, serta dapat menumbuhkan jiwa pemimpin baik didalam kampus maupun diluar kampus.


Ir. Wafit Dinarto, M.Si. menjelaskan bahwa ada tiga hal penting dalam konsepsi kepemimpinan yaitu kekuasaan, kewibawaan dan kemampuan. Seorang pemimpin juga harus mampu memberikan contoh yang baik kepada anggotanya.


“Perlu kita mengembangkan empat karakter utama yaitu olah pikir, olah hati, olah raga dan olah rasa,” tutur Ir. Wafit Dinarto, M.Si.


Sedangkan dalam dunia kerja, Liberty Lydia Pelawi, S.T. menjelaskan bahwa ada dua aspek kekuatan pemimpin dalam dunia kerja, yaitu kepribadian pemimpin (stabilitas dan ketenangan emosional, mengakui kesalahan, keterampilan emosional yang baik serta pengetahuan yang luas) dan perilaku pemimpin (credible, creation opportunities, carrying, dan communication).


Gubernur Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Agroindustri Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) menyampaikan bahwa “dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat menumbuhkan karakter kepemimpinan pada mahasiswa.” ujarnya.