Tim Mahasiswa Psikologi UMBY Raih Juara 2 Kompetisi Nasional Perencanaan Bisnis 2021

Tim Mahasiswa Fakultas Psikologi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) yang terdiri dari Maulidina Rachmah, Stefanus Agung Pratomo, dan Sutrisno berhasil meraih juara kedua dalam Kompetisi Nasional Perencanaan Bisnis yang diadakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pada 2 April hingga 6 Juni 2021. Setelah mengirimkan proposal dan lolos seleksi, Tim Mahasiswa Psikologi UMBY  berhasil menjadi finalis dan berhak mengikuti presentasi Business Plan yang diikuti oleh berbagai tim mahasiswa dari seluruh Indonesia.


Menurut Maulidina terdapat 4 kategori business plan dalam kompetisi ini meliputi kuliner, fashion, jasa, dan kreatif. Dari total proposal yang lolos seleksi, tim UMBY terpilih menjadi salah satu dari 21 tim yang berhak menjadi finalis. Maulidina menambahkan bahwa berdasarkan hasil seleksi proposal dan presentasi secara daring Tim Psikologi UMBY berhasil menjadi juara II kategori Jasa.


Ide yang dikembangkan oleh Tim UMBY diberi nama Tripantara. Tripantara merupakan prototipe tour planner yang berfokus pada wisata minat khusus dengan menawarkan varian paket wisata yang memberikan pengalaman berbeda. Dalam konsep wisata Tripantara terdapat nilai budaya, edukasi dan sosial. Unsur psikologi dari konsep wisata ini terdapat di akhir sesi dimana diadakan refleksi dan sharing mengenai nilai-nilai apa saja yang didapat dari perjalanan tersebut.


Dosen Psikologi UMBY yang menjadi pembimbing Tim mahasiswa Psikologi UMBY, Nur Fachmi Budi Setyawan, M.Psi., Psikolog menyatakan bahwa kegiatan Kompetisi Nasional Perencanaan Bisnis ini bertujuan untuk menumbuhkan motivasi berwirausaha bagi mahasiswa dan sebagai bahan pembelajaran bagi mahasiswa agar dapat memahami langkah-langkah yang tepat dalam memulai suatu usaha.


Menurut Dekan Fakultas Psikologi UMBY, Reny Yuniasanti, M.Psi, Psikolog, pihak Fakultas mendukung secara penuh kegiatan pengembangan kemampuan kewirausahaan di kalangan mahasiswa sebagai bagian dari upaya pencapaian visi misi fakultas untuk mewujudkan lulusan yang memiliki karakter sociopreneurship.


“Prestasi yang diraih oleh tim mahasiswa Fakultas Psikologi UMBY ini diharapkan dapat dijadikan sebagai modal softskills, pengembangan diri, meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa, serta daya saing di masa yang akan datang,” tutur Reny Yuniasanti, M.Psi, Psikolog