40 Mahasiswa Fakultas Ekonomi UMBY Lulus Uji Sertifikasi Kompetensi

Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) terus melakukan upaya dalam meningkatkan daya saing lulusan. Salah satunya yaitu melalui peningkatan kepemilikan sertifikat kompetensi melalui kegiatan ujian kompetensi Program Sertifikasi Kompetensi Kerja (PSKK) yang dilaksanakan pada 7-10 Juni 2021 di Gedung Kampus 1 UMBY. Dengan  4 Skema Sertifikasi yang diselenggarakan LSP UMBY yakni Skema Sertifikasi Inspektor Organik Tanaman, Skema Sertifikasi Human Resources Supervisor, Skema Sertifikasi Senior Trainer dan Skema Sertifikasi Public Relation Coordinator.


Uji Kompetensi seperti ini merupakan sebuah implementasi dari kurikulum berbasis Outcome Based Education (OBE) dalam rangka persiapan UMBY untuk mendapatkan Akreditasi Nasional. Hal ini sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 754 IPI 2020, tentang Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi Tahun 2020, serta mendukung pencapaian kompetensi lulusan perguruan tinggi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang telah memberikan kesempatan kepada LSP UMBY untuk dapat menyelenggarakan Sertifikasi Kompetensi sesuai lisensi BNSP Nomor: BNSP-LSP-1827-ID dan Keputusan Ketua BNSP Nomor: KEP.1584/BNSP/IX/2020.


Astri Wulandari, M.A.  Ketua LSP UMBY menyatakan bahwa PSKK yang diselenggarakan oleh LSP UMBY ini merupakan langkah untuk mendorong mahasiswa meningkatkan knowledge, skill, dan attitude agar dapat kompeten pada kompetensi yang mereka miliki. LSP UMBY merupakan unit terakhir dari universitas yang memfasilitasi Uji Kompetensi Sertifikasi.


Sementara itu Dekan Fakultas Ekonomi UMBY, Dr Audita Nuvriasari, MM  Sertifikasi kompetensi kerja sangat penting untuk meningkatkan peluang karir profesional dan meningkatkan kredibilitas. Dengan sertifikasi tersebut, lulusan nantinya bisa mendapatkan pengakuan kompetensi secara Nasional ataupun Internasional del. Sebanyak 40 mahasiswa dari Prodi Manajemen berhasil lulus dalam uji kompentesi di bidang  Supervisi Sumber Daya Manusia atau Human Resource Supervisor


Salah satu peserta, Mustofa, mahasiswa Prodi Manajemen angkatan 2018, ditemui secara terpisah mengaku  sangat berkesan dengan kegiatan Uji Sertifikasi kompetensi ini karena menjadi tambahan bekal saat lulus sarjana. “Adanya uji kompetensi ini sangat bagus dan bermanfaat untuk bekal lulusan, diharapkan penyelenggaraan kedepan bisa lebih baik dan dapat berlangsung secara kontinyu” tutur Mustofa.