PKM-KC “TAS” dari Prodi Matematika UMBY, Lolos Pendanaan PKM Dikti Tahun 2021

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah wadah yang dibentuk Diretorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementrian Ristek, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) Republik Indonesia untuk memfasiliasi potensi yang dimiliki mahasiswa untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang dipelajari di perkuliahan kepada masyarakat luas. Dari 54.746 Proposal Dikti (Universitas, Institut dan Sekolah Tinggi) hanya ada 4.522 proposal yang lolos pendanaan tahun ini, salah satunya adalah dari Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) untuk bidang PKM-Karsa Cipta (KC).


PKM-KC yang lolos ini diketui oleh Nabilla Afrasalma Pratama mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) semester 6 dan menjadi satu-satunya PKM dari UMBY yang lolos didanai oleh Dikti pada tahun 2021 berjudul “TAS: Tangga Angka Statistika Sebagai Alternatif Alat Bantu Pembelajaran Matematika Anak Tunagrahita Ringan”. Tim ini beranggotakan Dara Miralda dari Prodi Pendidikan Matematika semester 4, dan berkolaborasi dengan berbagai disiplin keilmuan lainnya, yaitu Faa’iz Aufaa Rizqullah dari Prodi Ilmu Komunikasi, Rifaldi dari Prodi Bimbingan dan Konseling, dan Friska Nur Setia Putri dari Prodi Psikologi. Nabilla Afrasalma Pratama selaku Ketua PKM mengungkapkan bahwa “Pengembangan alat peraga untuk anak tungarahita berupa Tangga Angka Statistika ini merupakan luaran dari mata kuliah Teknologi Pembelajaran Matematika yang saya ambil saat semester 3” .


Lebih lanjut Nabilla menjelaskan bahwa “Tangga Angka Statistika (TAS) yang dikembangkan ini merupakan alat peraga yang ditujukan sebagai alternatif alat bantu pembelajaran anak tungrahita ringan untuk mempelajarai materi statistika yang dibatasi pada materi median (frekuensi ganjil) dan modus. Penggunaannya menggunakan bantuan pion untuk menunjuk pada angka yang ditentukan. Untuk konsep median, maka siswa dapat mengambil pion dari sisi kanan dan sisi kiri secara bersamaan kemudian akan tersisa satu pion ditengah, inilah nilai median (nilai tengah) yang dimaksud. Sedangkan untuk konsep modus, maka pion yang berada pada TAS tertinggi adalah nilai modusnya” 


Nanang Khuzaini, S.Pd.Si.,M.Pd. selaku Dosen Pengampu Mata Kuliah Teknologi Pembelajaran Matematika dan Dosen Pembimbing PKM-KC TAS ini menyampaikan bahwa “Sebagai tindak lanjut dari mata kuliah ini, mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika mengikuti pelatihan penulisan proposal PKM di PKM Center Mercumatika yang dikoordinatori oleh Dosen Pendidikan Matematika UMBY, Nafida Hetty Marhaeni, S.Pd.,M.Pd.”.


Ditemui ditempat lainnya, Melania Eva Wulanningtyas, S.Pd.,M.Pd. selaku Ketua Program Studi Pendidikan Matematika menyampaikan “Selamat kepada Nabilla Afrasalma Pratama dan tim atas presatasinya lolos pendanaan PKM tahun ini, semoga dilancarkan dalam pelaksanaannya dan bisa lolos sampai PIMNAS 34. Saya berharap mahasiswa Pendidikan Matematika UMBY akan terus menorehkan prestasi baik dibidang akademik maupun non akademik”.