UMBY Gelar Syawalan 1442 H secara Virtual

Adanya pandemi covid-19, tidak menyurutkan semangat civitas akademika Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY)  untuk tetap menjalin silaturahmi. Oleh karena itu, UMBY menyelenggarakan Syawalan secara virtual melalui aplikasi zoom dan streaming Youtube Humas UMBY. Senin, (17/05/2021)


Syawalan virtual ini diikuti oleh seluruh civitas akademika UMBY meliputi Pimpinan, Dosen dan tenaga kependidikan UMBY, dan dihadiri oleh Yayasan Wangsamanggala yaitu Bapak Teguh Wahyudi, S.E. dan Ibu Mami Lestari, kemudian dihadiri oleh pihak eksternal UMBY yaitu Prof. Dr. Didi Achjari, S.E., M.Com., Akt selaku Kepala LLDIKTI Wilayah V, Muspika Kecamatan Sedayu yaitu Camat Sedayu Bapak Sarjiman, S.I.P., M.E, Kapolsek Sedayu Kompol. Ardi Harta, S.H., M.H., M.M, Danramil Sedayu, kemudian Pinilih Sedayu Maria Tri Suhartini, S.E. dan beberapa rekan relasi media UMBY.


Acara Syawalan Virtual diawali dengan pembukaan oleh MC yaitu Widiyatmoko, S.Pd, kemudian menyanyikan lagu Mars UMBY, dilanjutkan Pembacaan Kalam Ilahi oleh Azmi Fauzi, S.H., Kemudian Ikrar Syawalan oleh Bapak Ir. Wafit Dinarto, M.Si, dan Sambutan sekaligus Hikmah Syawalan oleh Rektor UMBY.


Rektor UMBY, Dr. Alimatus Sahrah, M.Si., M.M. dalam sambutan dan hikmah syawalan menyampaikan bahwa Syawalan Virtual ini merupakan suatu sarana kita untuk bertemu dan bersilaturahmi walau dalam masa pandemi. Semoga kita bisa dipertemukan dalam keadaan sehat wal’afiat di ramadhan tahun depan.


“Tujuan kita berkumpul di zoom ini adalah dalam rangka halal bihalal silaturahmi. Tradisi ini diikrarkan mengawali masuk kerja kita supaya kita memiliki hati yang bersih. Saya berharap dengan keterbatasan yang ada di pandemi ini tidak menghapuskan rasa persaudaraan. Walaupun kita tidak berjabat tangan dan bertemu langsung, walau tidak secara fisik, tetap saja kita mendekatkan agar rasa persaudaraan ini tetap bersatu di UMBY,” tutur Dr. Alimatus Sahrah, M.Si., M.M.


Dr. Alimatus Sahrah, M.Si., M.M. dalam sambutannya juga menambahkan bahwa pada masa pandemi ini 7 prodi di UMBY terakreditasi A, dan UMBY tetap bertahan di Sertifikasi ISO.


“Untuk para mahasiswa kami sedang menerapkan Merdeka Belajar (OBE), Pembelajaran, penelitian dan pengabdian, para dosen kami dorong untuk berkolaborasi dengan universitas luar negeri. UMBY bertekad lulusan UMBY memegang sertifikasi profesi, karena UMBY kini sudah memiliki sertifikasi LSP, dengan 24 Skema yang bisa dipilih oleh mahasiswa,” imbuh Dr. Alimatus Sahrah, M.Si., M.M.


Dalam acara virtual ini juga menampilkan video ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri dari berbagai pihak mulai dari internal UMBY, yaitu Yayasan Wangsamanggala, Rektor UMBY, Wakil Rektor Bidang Akademik, Wakil Rektor Bidang Sumber Daya, Dekan Fakultas Psikologi, Dekan Fakultas Agroindustri, Dekan Fakultas Ekonomi, Dekan Fakultas TI, Dekan FKIP, dan Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi dan Multimedia.


Kemudian ucapan dari beberapa pihak Eksternal UMBY meliputi Kepala LLDIKTI Wilayah V, Muspika Kecamatan Sedayu yaitu Camat Sedayu Bapak Sarjiman, S.I.P., M.E, Kapolsek Sedayu Kompol. Ardi Harta, S.H., M.H., M.M, Danramil Sedayu, kemudian Pinilih Sedayu Maria Tri Suhartini, S.E. dan beberapa rekan relasi media UMBY.


Acara syawalan virtual juga menampilkan hiburan musik dari tenaga kependidikan UMBY, pembagian doorprize dan pengumuman lomba video kreatif Dies Natalis UMBY 2020.