UMBY Tambah 2 Doktor Baru

Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) kembali menambah 2 gelar doktor baru di bidang Ilmu Psikologi dan  Pertanian. Kedua dosen tersebut adalah Dr Muhammad Wahyu Kuncoro, S.Psi, M.Si dari Fakultas Psikologi dan Dr. Ir. Dian Astriani, SP,  MP dari Fakultas Agroindustri   setelah keduanya berhasil menyelesaikan studi S3 nya di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.


 Dr. Muhammad Wahyu Kuncoro, S.Psi, M.Si, dosen Fakultas Psikologi menempuh studi untuk strata tiga (S3) di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (UGM).  Dalam disertasi yang berjudul “Peranan Persepsi Aktivitas Politik Orang Tua dan Paparan Informasi Politik Media Terhadap Partisipasi Politik Pemilih Pemula”  topik tersebut mengenai Faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi politik pemilih pemula pada pemilihan umum presiden 2019 dengan Tim Promotor Prof. Drs. Koentjoro, M.BSc., Ph.D dan Dr. Arie Sujito, S.Sos., M.Si dengan memperoleh predikat kelulusan Sangat memuaskan.


Sementara itu dosen Fakultas Agroindustri, Dr Ir Dian Astriani, MP resmi menyandang gelar doktor setelah menyelesaikan studi S3 di Fakultas Pertanian UGM dengan disertasi yang berjudul “Bioaktivitas Minyak Kulit Mete Pada Kumbang Bubuk Jagung Sitophilus zeamais”, dengan promotor utamaProf.Dr.Ir.Edhi Martono, M.Sc dan penguji utama Prof. Dr. Ir. Prapto Yudono, M.Sc.  Topik ini  desertasimempelajari potensi Cashew Nut Shell Liquid (CNSL) atau minyak kulit mete sebagai insektisida nabati pada S. zeamais


 Rektor UMBY, Dr Alimatus Sahrah, M.Si, MM menyampaikan bahwa bertambahnya jumlah Doktor ini merupakan suatu hal yang patut disyukuri, apalagi sekarang dua fakultas yang tempat homebase yaitu Psikologi dan Agroteknologi terakreditasi A.   Selanjutnya, dengan meraih gelar Doktor bukanlah akhir, namun awal dari perjalanan yang baru. UMBY berkomitmen untuk menjaga kualitas tenaga pengajarnya dengan terus mendorong dosen-dosen untuk mencapai gelar akademik tertinggi, saat cukup banyak dosen-dosen yang sedang menempuh S3 baik di dalam maupun di luar negeri.


“UMBY mengharapkan kiprah yang lebih besar dari para dosen yang sudah menyandang gelar Doktor sebagai gelar pendidikan tertinggi di bidang akademik”, ujar Rektor UMBY tersebut.


 Kepala Humas UMBY, Widarta, SE, MM menambahkan dengan tambahan dua doktor baru, maka UMBY sekarang telah memiliki dosen dengan klasifikasi S3 sebanyak 26 dosen.