Semangat Hari Kartini, Rektor UMBY Raih Penghargaan Tokoh Perempuan DIY 2020

Rektor Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), Dr. Alimatus Sahrah., M.Si., M.M meraih penghargaan Women of The Year DIY 2020 (Tokoh Perempuan DIY  tahun 2020) Anugerah TIMES Indonesia (ATI), pada Selasa (20/4/2021). Wanita yang akrab disapa Bu Alin ini selain andil mencerdaskan generasi melalui jalur pendidikan juga ikut menunjukkan semangat di Hari Kartini yang jatuh pada hari ini, Rabu (21/4/2021).


Sertifikat Anugerah TIMES Indonesia (ATI) 2020 diserahkan langsung oleh General Manager TIMES Indonesia Regional Yogyakarta, Ahmad Riyadi S.IP M.Psi didampingi Manager Bisnis dan Kerjasama, Soni Haryono, Penanggung Jawab TIMES Indonesia Kabupaten Sleman sekaligus sebagai Manajer TIMES Peduli, Fajar Riyanto, dan Jurnalis, Ahmad Tulung.


Ahmad Riyadi mengatakan TIMES Indonesia adalah media online berjejaring nomor satu di Indonesia memiliki lima kanal di luar negeri yakni Singapura, Malaysia, Australia, Hongnkong dan Alzajirah. Dalam pemberitaan TIMES Indonesia mengusung tiga pilar yakni Building, Inspiring dan Postitif Thingking.


“Konten-konten produksi pemberitaan setidaknya mengandung tiga prinsip tersebut,” kata Amar, sapaan akrab Ahmad Riyadi.


Menurutnya hasil temuan google tahun 2016 lalu konten digital di Indonesia 82 persen negatif. Kehadiran TIMES Indonesia salah satunya selain ingin mencerdaskan masyarakat juga untuk menetralisir konten digital negatif tersebut tidak mencapai 100 persen.


Dia menjelaskan penelusuran yang dikumpulkan oleh tim dewan juri Anugerah TIMES Indonesia pusat dan regional Yogyakarta yang dibantu oleh akademisi dinilai rekam jejak Rektor UMBY di dunia digital itu banyak positifnya. Jadi tidak hanya di dunia pendidikan tapi juga di luar eksistensi sebagai Rektor UMBY.


“Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi kami kepada Rektor UMBY yang sudah ikut andil membangun Indonesia, mencerdaskan generasi melalui jalur pendidikan,” ungkapnya.


Menurutnya, UMBY ketika dulu bernama Universitas Wangsa Manggala (UNWAMA) citranya sudah sangat bagus, dan sejak berganti nama menjadi UMBY hingga sekarang masih bisa eksis, dan di masa pandemi Covid-19 ini mahasiswanya semakin meningkat. Hal ini tidak terlepas dari peran Ibu Rektor yang mampu di tengah pandemi ini masih survive.


“Bagi kami kinerja seperti ini layak untuk mendapat penghargaan,” ujarnya


Berharap rekam jejak positif Rektor UMBY ini nanti dapat ditularkan pada pelaku-pelaku pendidikan yang lain melalui tulisan opini yang nanti akan ditampilkan di TIMES Indonesia. Semoga penghargaan ini dapat semakin memotivasi, termasuk Dosen dan Tenaga Pendidikan di lingkungan UMBY.


Dalam kesempatan ini, Alin menyampaikan ucapan terimakasih kepada TIMES Indonesia. Ia mengatakan penghargaan yang diberikan kepada saya ini adalah juga tidak lepas dari peran Humas UMBY dan teman-teman dari TIMES Indonesia, dan itu membuat kita lebih bangkit.


Ia menuturkan ketika awal menjadi Rektor UMBY di tahun 2009 merupakan masa-masa yang sulit, dari waktu ke waktu kami tidak pernah berhenti dari segi tantangan.


“Kalau dulu tantangannya jumlah mahasiswa merosot drastis hingga tersisa sedikit, meskipun begitu kami tetap berjuang untuk mencari mahasiswa dan pembenahan lainnya untuk kemajuan UMBY yang lebih baik,” kata Women of The Year DIY 2020 Anugerah TIMES Indonesia (ATI) ini.


Lebih lanjut dari sisi akreditasi alhamdulilah dari 16 prodi yang ada 7 diantaranya sudah terakreditasi A, dan hampir semuanya sudah akreditasi B dan 1 prodi masih dalam proses.


Tercatat hingga saat ini selama kepemimpinannya UMBY mengalami kemajuan yang sangat pesat, mahasiswa yang awalnya sedikit, dan sekarang sudah mencapai 10 ribu lebih mahasiswa yang tersebar di tiga lokasi kampus. Hal ini semangat Raden Ajeng Kartini yang dilakukan oleh Aline benar-benar diterapkan di dalam kehidupan kampus dan dapat mengispirasi dosen dan tendik untuk beprestasi.


Penyerahan Anugerah TIMES Indonesia (ATI) kepada Alimatus Sahrah sebagai Women of The Year DIY 2020 ini berlangsung di Lantai 2 Gedung Fakultas Psikologi UMBY. Ikut mendampingi Rektor UMBY yaitu Kepala Humas Widarta, SE., M.M dan staf Humas di lingkungan UMBY (dari timesindonesia.co.id)