3 Dosen UMBY Lolos Jadi DPL Program Kampus Mengajar

Sejak diluncurkannya program Kampus Mengajar, yaitu program kegiatan Mengajar di Sekolah yang merupakan bagian dari program Kampus Merdeka kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), membuat para dosen di Perguruan Tinggi baik Negeri atau Swasta di seluruh Indonesia antusias untuk menjadi bagian di dalamnya. Dari sekian ribu dosen pendaftar di seluruh Perguruan Tinggi se-Indonesia, 3 dosen Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) dinyatakan lolos untuk menjadi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) program Kampus Mengajar.


Ketiga dosen tersebut merupakan dosen Fakultas Psikologi UMBY, yaitu Sheilla Varadhila Peristianto, M.Psi., Psikolog, Nanda Yunika Wulandari, M.Psi., Psikolog, dan Annas Fitria Sa’adah, M.Phil. Sebagai DPL, harapannya dapat terlibat dalam program Kampus Mengajar dan mendukung penuh tujuan program untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri melalui kegiatan atau aktivitas di luar kelas perkuliahan. DPL memberikan bimbingan kepada mahasiswa mulai dari pra penugasan hingga akhir penugasan.


Setiap DPL mendapatkan 5-8 mahasiswa bimbingan yang berasal dari berbagai jurusan dan  Perguruan Tinggi. Peran DPL di lapangan antara lain memastikan mahasiswa mengikuti seluruh rangkaian pembekalan proram Kampus Mengajar, mendampingi dan membimbing koordinasi mahasiswa dengan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan Satuan Pendidikan atau sekolah dasar sasaran, membimbing observasi sekolah dan penyusunan rancangan kegiatan mahasiswa serta memberikan persetujuan laporan awal, memfasilitasi refleksi pengajaran yang efektif dan pelatihan ke mahasiswa, mendampingi dan memonitoring pelaksanaan seluruh kegiatan mahasiswa selama program berjalan, melakukan sharing session dengan seluruh mahasiswa bimbingan, dan memberikan penilaian akhir kepada mahasiswa bimbingan melalui aplikasi MBKM, serta memberikan rekomendasi untuk pengembangan diri mahasiswa bimbingan.