UMBY Jalin Kerjasama dengan Universiti Kuala Lumpur Malaysia

Pusat Penelitian, Pengabdian Masyakarat. dan Kerjasama (P3MK) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) khususnya Bagian Kerjasama Luar Negeri, menyelenggarakan Pertemuan Koordinasi Kerjasama dengan Universiti Kuala Lumpur Malaysia secara virtual melalui zoom meeting pukul 13.00 – 16.00 WIB. Rabu (14/04/2021)


Acara ini diikuti oleh internal UMBY meliputi, Kepala Pusat Penelitian Pengabdian Masyarakat dan Kerjasama, Dekan Fakultas Teknologi Informasi, Kaprodi Informatika, Kaprodi Sistem Informasi, Kabag Pengabdian kepada Masyarakat, Kabag Inovasi dan HKI, Kabag Publikasi, Kabag Penelitian, Kabag Kerjasama Dalam Negeri, Kabag Kerjasama luar Negeri, dan seluruh Dosen Fakultas Teknologi Informasi UMBY.


Acara dibuka oleh sambutan dari Rektor Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), Dr. Alimatus Sahrah, M.Si., M.M. menuturkan bahwa kami sangat appreciate sekali menjalani Joint Collaboration antara UMBY dan UniKL.


“Saya sangat berharap kolaborasi ini bisa menjadi lebih meningkatkan kedua belah pihak, diantaranya penelitian maupun empowerment society di bidang TI,” tutur Dr. Alimatus Sahrah, M.Si., M.M.


Awan Santosa, S.E., M.Sc. selaku Kepala Pusat Penelitian Pengabdian Masyarakat dan Kerjasama (P3MK) UMBY menyampaikan bahwa ada beberapa gagasan yang telah kami rancang diantaranya, Lecturer exchange yang dimana selama pandemi ini kita dapat mengajar secara virtual.


“Dan tidak menutup kemungkinan kita berharap dalam kurun waktu yang tidak lama, kita akan menyelenggarakan joint research dan juga joint community services. Kemudian, Student competition yang dimotori oleh UMBY dan UniKL. Mudah mudahan ini menjadi langkah awal kita untuk melangkah kedepan ditingkat Internasional,” tutur Awan Santosa, S.E., M.Sc.


Daniel Ari Widhiatama, S.Pd., M.Hum. Selaku Kepala Bagian Kerjasama Luar Negeri UMBY menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakannya pertemuan secara virtual  ini adalah untuk meningkatkan, menguatkan dan menambah wawasan sekaligus menjalin kerjasama berskala internasional.


“Pertemuan koordinasi ini diharapkan memberikan manfaat secara akademisi, sekaligus meningkatkan mutu kuwalitas pendidikan di UMBY dan UniKL, dam menjadi salah satu wadah bagi institusi untuk dapat meningkatkan taraf internasional dan diharapkan  UMBY dan UniKL dapat menjalin kerjasama dengan baik dan menghasilkan output yang berkualitas disemua bidang,” Daniel Ari Widhiatama, S.Pd., M.Hum.


Pada pertemuan ini UniKL dan UMBY berfokus pada Fakultas Teknologi Informasi yang mana mempunyai rencana untuk mengusung beberapa gagasan diantaranya yaitu Lecturer exchange, Joint Research, Conference, Students Competition.


Coordination Meeting dipandu oleh Bapak Daniel Ari Widhiatama, S.Pd., M.Hum. Selaku Kepala Bagian Kerjasama Luar Negeri (The Head of Global Engagement Office). Diskusi dan tanya jawab dipimpin oleh Dr. Rudy Heriansyah selaku The Head of Computer Engineering Technology.


Anief Fauzan Rozi, S.Kom, M.Eng.  selaku Dekan Fakultas Teknik Informasi UMBY menyampaikan bahwa Fakultas Teknologi dipertengahan tahun 2022, akan menyelenggarakan International Conference.


“Kami berharap dari UniKL khususnya MIIT dapat berkontribusi dengan menjadi narasumber pada acara International Conference. Ini adalah kali pertama untuk level international conference,” jelas Anief Fauzan Rozi, S.Kom, M.Eng.


Assoc. Prof. Dr. Zalizah Awang Long selaku Dekan UniKL Malaysian of Institute Information Technologi (MIIT) menyampaikan bahwa MIIT sangat berbesar hati untuk menjalani kolaborasi dengan UMBY.


“Program yang  dapat kita jalani bersama meliputi Lecturer Exchange, Visiting Lectures, Joint Research, Community Service, Students competition, Joint Supervision, Joint conferences,“jelas Assoc. Prof. Dr. Zalizah Awang Long