Prodi BK UMBY Selenggarakan Coaching Clinic Penyelesaian Tugas Akhir Mahasiswa

Program Studi Bimbingan dan Konseling (BK), Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) melakukan langkah aktif untuk membantu mahasiswa dalam memperlancar studinya dengan mengadakan coaching clinic penyelesaian tugas akhir. Kegiatan ini diselenggarakan secara online melalui media Zoom ini dihadiri oleh para mahasiswa yang sedang menempuh tugas akhir skripsi serta para mahasiswa angkatan dibawahnya yang juga antusias untuk mencari tahu bagaimana menyelesaikan tugas akhir yang baik. Selasa, (06/04/2021).


Acara tersebut dapat terselenggara berdasarkan evaluasi internal yang dilakukan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling (BK), Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), diketahui adanya masalah dalam penyelesaian tugas akhir mahasiswa. Masalah ini tidak selalu ada kaitannya dengan kompetensi mahasiswa, melainkan terkadang juga disebabkan karena kondisi ekonomi keluarga di masa pandemi Covid-19 yang menurun dan menyebabkan para mahasiswa harus bekerja paruh waktu guna mempertahankan kuliah. Hal ini yang kemudian membuat mahasiswa mengalami keterlambatan dalam menyelesaikan skripsi sebagai syarat kelulusan.


Ketua Program Studi Bimbingan dan Konseling (BK), Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), Luky Kurniawan, M.Pd., dalam sambutannya menyambut baik penyelenggaraan acara ini dan mengharapkan para mahasiswa dapat mengambil manfaat dari penyelenggaraan acara tersebut. Luky juga menceritakan pengalamannya dahulu saat mengalami tantangan yang serupa yakni harus bekerja saat kuliah, dimana hal ini tidak


“Diperlukan manajemen diri yang baik untuk mengatur waktu dan level motivasi yang lebih tinggi agar tugas akhir dapat terselesaikan ditengah kesibukan bekerja,” tutur Luky Kurniawan, M.Pd.


Pada kegiatan ini, Program Studi Bimbingan dan Konseling (BK) UMBY mengundang salah satu alumni, Winda Irmiati Laturumasoreng, S.Pd, guna membagikan tips dan pengalamannya dalam menyelesaikan tugas akhir. Menurut Winda, diperlukan semangat dan motivasi, kemauan untuk berdiskusi sesama teman dan membaca literatur-literatur yang menunjang penelitian.


“Pentingnya doa, baik doa pribadi dan doa orang tua yang akan memperlancar proses penyelesaian tugas akhir tersebut,” ucap Winda