Sambutan Rektor Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Assalamu’alaikum Wr. Wb. Salam sejahtera untuk kita semua.

Foto Rektor UMBYUniversitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) didirikan sejak tahun 1986 yang dahulu bernama Universitas Wangsa Manggala (UNWAMA) sesuai dengan cita-cita luhur foundin fathe UMBY yaitu Angudi Mulyaning Bangsa dengan memberikan layanan pendidikan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa bagi generasi muda di Indonesia. UMBY secara terus menerus berupaya memberikan layanan pendidikan yang lebih baik dengan peningkatan mutu akademik. Sebagai bukti Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) telah menetapkan UMBY sebagai best practices (praktek terbaik) dalam implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal Perguruan Tinggi (SPMI-PT). UMBY telah menerapkan manajemen mutu pendidikan dengan ISO 9001:2015. Sistem Informasi Akademik di UMBY  juga telah menerapkan  sistem manajemen keamanan informasi dengan ISO 27001:2013. Semua dosen di UMBY berpendidikan S2 dan S3 dengan jabatan akademik lebih dari 60% Lektor, Lektor Kepala, Guru Besar dan bersertifikat pendidik Kementerian Pendidikan Nasional.

Saat ini UMBY mempunyai 16 Program Studi, 13 Program Studi S1 dan 3 Program Studi S2 yang berada di bawah 6 Fakultas. Fakultas Agroindustri mempunyai 4 program studi yaitu : Agroteknologi, Peternakan, Teknologi Hasil Pertanian dan Magister Ilmu Pangan (S2). Fakultas Ekonomi mempunyai 2 program studi yaitu Manajemen dan Akuntansi. Fakultas Psikologi terdiri atas 3 program studi: Psikologi, Magister Profesi (S2) dan Magister Sain (S2). Fakultas Teknologi Informasi mempunyai 2 program studi : Sistem Informasi dan Informatika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan mempunyai 4 program studi : Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Inggris, Bimbingan Konseling dan Ilmu Keolahragaan. Fakultas Ilmu Komunikasi dan Multimedia dengan program studi Ilmu Komunikasi. Semua program studi yang ada di UMBY terakreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yaitu sebanyak 7 program studi dengan peringkat A dan lainnya B serta Baik. Perpustakaan di UMBY juga telah terakreditasi dengan peringkat A.

Pada Semester Gasal Tahun Akademik 2021/2022 UMBY Universitas Mercu Buana Yogyakarta telah memberlakukan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) berbasis Outcome Based Education (OBE) sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 tahun 2020. MBKM menekankan pentingnya perluasan kebebasan bagi mahasiswa, selama menempuh proses pembelajaran di UMBY. Perluasan kebebasan tersebut adalah : perluasan pembelajaran dengan cara menempuh sejumlah mata kuliah di luar bidang studi utama dan perluasaan interaksi dengan berbagai pihak baik di dalam maupun di luar kampus. 

Pada bidang Penelitian, UMBY berada pada Klaster Utama yaitu berada pada peringkat 180 terbaik dari 1.977 Perguruan tinggi di IndonesiaSedangkan untuk bidang Pengabdian kepada Masyarakat UMBY pada Klaster Sangat Bagus berada pada peringkat 96 dari 4.000 an perguruan di Indonesia. Hal ini membuktikan bahwa UMBY mampu mengemban misi para founding father yaitu Angudi Mulyaning Bangsa.

Untuk meningkatkan soft skill mahasiswa dapat menyalurkan minat dan bakat dalam bidang penalaran, olahraga maupun bidang kerohanian di UMBY tersedia lembaga kemahasiswaan antara lain : Badan Eksekutif  Mahasiswa Fakultas (BEMF), Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) dan  Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). UKM yang tersedia antara lain: Menwa, Mahapala, KSR-PMI, Bulutangkis, Bola Volley, Basket, Futsal, Sepak Bola, Beladiri, Senthir, Paduan Suara Mahasiswa Nafiri, dan LPM Buana Pers. UKM bidang keagamaan  antara lain : UKM Islam Jama’ah An Nahl dan UKM Talenta.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Rektor, 

 

Dr. Agus Slamet, S.TP., M.P.

PENERIMAAN MABA

Info PMB