Kuliah Umum Fakultas Psikologi : Kekuatan Bermain untuk Mengatasi Perilaku Emosional Anak

Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta  (UMBY)  melaksanakan Kuliah Umum tentang “The Power of Play for Children with Emotional Behavior Problems”. Kuliah umum ini mendatangkan narasumber seorang psikolog anak dan praktisi play therapy, Kurnia Mega M.Psi., Psikolog., CHT, psikolog di PEACE (Psycho Educational Assesment Center of Excellence) Jakarta dan Certified Play Therapist di Play9 Bintaro. Kuliah umum ini dilaksanakan di Hotel Forriz Jl. HOS. Cokroaminoto Yogyakarta, Sabtu (05/01/19).  Acara kuliah umum diikuti oleh 150 mahasiswa khususnya mahasiswa  Fakultas Psikologi UMBY.


Kuliah umum ini membahas tentang gangguan perilaku dan emosi pada anak dan remaja, juga tentang pendekatan bermain sebagai salah satu teknik intervensinya.


“Lewat bermain anak-anak belajar dan menciptakan tempat untuk diri mereka sendiri. Tempat tersebut merupakan dunia yang ia ciptakan berdasarkan apa yang ia rasakan dan imajinasikan. Saat anak mampu mengekspresikan apa yang ia rasakan maka anak akan menjadi lebih sehat secara psikis dan ini akan membantu perilakunya menjadi lebih positif. Ketika anak bermain, mereka dapat memahami dunia nyata dengan lebih baik,” jelas Kurnia.


Angelina Dyah Arum MPsi. Psikolog., dosen penanggung jawab kuliah umum dalam sambutannya menyampaikan tujuan dari kuliah umum ini adalah memberikan pengetahuan baru bagi mahasiswa terutama tentang pendekatan yang cocok untuk menangani gangguan perilaku pada anak. Sebelumnya mahasiswa sendiri sudah belajar tentang berbagai macam hambatan perilaku yang muncul pada anak dan remaja.  


“Mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk mencoba sesi bermain yang bisa dilakukan,” tambah Angelina.

0 Komentar :

  • Belum Ada Komentar

Isi Komentar :