FTI Siap Sosong Era Revolusi Industri 4.0

Era globalisasi saat ini, sudah banyak fenomena-fenomena yang terjadi, termasuk Indonesia dengan  permasalahan yang makin kompleks. Terutama dalam hal teknologi informasi. Seperti diketahui bahwa dengan masuknya era globalisasi yang menuntut untuk penguatan di semua bidang termasuk dalam bidang teknologi informasi. Di tengah era pasar bebas yang cenderung menciptakan kompetisi yang ketat antar individu yang mendorong penguasaan kemampuan skill yang menunjang untuk mengakselerasi perkembangan teknologi informasi semakin canggih.


Oleh karena itu, salah satu upaya yang dilakukan untuk memanfaatkan perkembangan teknologi informasi  secara optimal adalah dengan diselenggarakannya Seminar Multimedia Artifficial Intellegence (SeMAI). SeMAI 2018 mengangkat tema “Big Data dan Artificial Intellegence di Era Revolusi Industri 4.0”, yaitu data dan kemampuan kecerdasan buatan untuk meningkatkan harkat dan martabat umat manusia.


Kegiatan ini diselenggarakan pada Sabtu, 06 Oktober 2018 jam 08.00 – 13.00 WIB  di Auditorium Kampus 3 Universitas Mercu Buana Yogyakarta,  Jl. Ringroad Utara, Condongcatur, Sleman, Yogyakarta dengan ikuti oleh 430 peserta.


Fakultas Teknologi Informasi Universitas Mercu Buana Yogyakarta sebagai penyelenggara SMAI 2018, Big Data & Artificial Intelligence di Era Revolusi Industri 4.0. Manghadirkan Pembicara utama Dr. Sayuri Egaravanda, S.Kom, M.Eng dari Kominfo DIY dengan moderator Dr Ratna Wardani dari Aptikom. Dr Sayuri menyampaikan bahwa Revolusi industri 4.0 ada sebuah kenyataan yang harus dihadapi. Jogjakarta sudah mulai siap dengan kehadiran revolusi 4.0 ini. Jogja sudah mempersiapkan infrastruktur IT hingga ke desa-desa.


Dengan mempertimbangkan keunikan dan keistimewaan Jogja revolusi Industri 4.0 menjadi PR bagi pemeritah dan peneliti untuk bisa berkontribusi dalam hal ini. Sebagai contoh implementasi teknologi menjadi tantangan terutama DIY untuk bisa memberikan keputusan yang lebih baik dengan penerapan sensor dan surveillance system yang lebih baik.


Acara ini merupakan rangkaian kegiatan Dies Natalis UMBY yang ke 32 seperti disampaian oleh Dr Bayu Kanetro selaku wakil Rektor 1 UMBY. Tahun ini menyelenggarakan minimal 6 Seminar Nasional dan 1 Seminar Internasional dalam rangka Dies Natalis. Menurut Supatman, ST. MT., selaku Ketua Panitia Seminar ini bertujuan untuk  meningkatkan Sumber Daya Manusia yang handal di bidang Big Data dan Artificial Intellegence dalam mengakselerasi revolusi industri 4.0. Selain itu juga untuk mendorong minat masyarakat untuk lebih mendalami teknologi informasi yang semakin smart.


Selain pembicara utama juga diikuit oleh 20 peneliti dari berbagai kampus baik dari Jogja dan luar Jogjayang akan mempresentasikan hasil penelitiannya. Seminar ini akan menjadi agenda rutin FTI UMBY.

0 Komentar :

  • Belum Ada Komentar

Isi Komentar :