Workshop Indigenous Psikologi

Workshop ini diselenggarakan dalam rangka Dies Natalis ke 32 UMBY yang diselenggarakan Prodi Magister Psikologi. Tema Workshop Pengantar Metodologi Penelitian Pendekatan Indigenous Psikologi, tema ini diangkat dengan tujuan untuk  memberi pengetahuan pada mahasiswa untuk mengembangkan psikologi yang kontektual dan sesuai dengan nilai-nilai ke-Indonesiaan, tidak kurang 60 mahasiswa ikut dalam workshop ini.


            Materi yang disampaikan oleh pemateri pertama,  Dr Wenty Marina Minza, M.A menjelaskan tentang Psikologi dan Budaya. Beliau menjelaskan tentang relasi Psikologi dan Budaya, Buadaya dari perpektif Psikologi, Psikologi dari perpektif Budaya, perbedaan psikologi lintas budaya-psikologi budaya-indigenous psychology.


Pemateri kedua, Wahyu Jati Anggoro, S.Psi, MA menjelaskan tentang konsep indigenous psychology dan penjelasan singkat metode penelitian indigenous psychology. Berdasarkan definisi sejumlah ilmuwan dapat ditarik benang merah indigenous psychology sebagai sebuah paradigma yang secara eksplisit memasukkan konteks (seperti buadaya, keluarga, sosial dan ekologis) beserta isinya (makna, nilai dan keyakinan) ke dalam desain penelitian. Indigenous psychology tidak menetapkan sebuah metode penelitian tertentu sebagai metode penelitian tertentu sebagai metode baku untuk digunakn dalam setiap penelitiannya.


Dengan workshop ini dapat memberikan gambaran pada calon peneliti (mahasiswa prodi Magister Psikologi UMBY) sehingga diharapkan penelitian indigenous psychology dapat berkembang untuk mengali konsep psikologi yang asli dari konteks budaya yang ada di Indonesia. 

0 Komentar :

  • Belum Ada Komentar

Isi Komentar :