P2B UMBY Jalin Kerjasama Dengan OSEE Selenggarakan TOEFL Internasioanl

Guna menunjang kemampuan dalam berbahasa Inggris dengan diikuti diterbitkannya sertifikat yang berkelas, Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) melalui Pusat Pelatihan Bahasa (P2B) melakukan kerjasama. Kerjasama ini menggandeng One Stop English Education (OSEE). P2B melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan diwakili Rektor, Dr. Alimatus Sahrah, M.Si., MM., (Rabu, 06/09/17).


MoU ini menandai bahwa P2B UMBY mampu melayani kebutuhan pelatihan dan penerbitan sertifikat Test of English as a Foreign Language Institutional Testing Program (TOEFL ITP) secara resmi, baik bagi mahasiswa UMBY maupun masyarakat umum.


Perlu diketahui, OSEE merupakan salah satu lembaga yang bekerja sama dengan perwakilan English Testing Service (ETS) di Indonesia, The Indonesian International education Foundation (IIEF) atau Yayasan Pendidikan Internasional Indonesia yang mengelola Institutional Testing Program(ITP) bagi lebih dari 100 institusi di Indonesia. Dengan kata lain, hasil TOEFL ITP yang diselenggarakan di P2B UMBY ini nilainya setara dengan TOEFL Internasional, serta merupakan tes TOEFL yang resmi dikeluarkan oleh ETS melalui IIEF. Sehingga sertifikat TOEFL ITP yang diperoleh dapat digunakan sebagai syarat mendapatkan beasiswa dalam dan luar negeri, untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, maupun untuk melamar pekerjaan di perusahaan bonafit.


Rektor UMBY, Dr. Alimatus Sahrah, M.Si., M.M. berharap kerjasama ini nantinya dapat mempermudah akses mahasiswa UMBY dan masyarakat dalam memperoleh sertifikat resmi yang diakui dunia internasional.


“Kerjasama ini kedepannya tidak hanya meliputi penyelenggaraan TOEFL ITP saja, tetapi juga dapat berkembang ke hal-hal lain sehingga dapat membawa manfaat bagi kedua institusi dan masyarakat luas,” tambah Alimatus Sahrah, ketika ditemui di ruang pimpinan Kampus III UMBY usai penandatanganan kerjasama.


 “MoU ini sebagai langkah awal P2B UMBY untuk menunjukkan eksistensinya. Selain program-program yang sudah berjalan seperti English Proficiency Test (EPT), TOEFL Preparation Course, EPT Course, General English, BIPA, Translation, dan Academic Writing, diharapkan TOEFL ITP ini menjadi salah satu program unggulan sehingga P2B UMBY lebih dikenal lagi di khalayak”, ungkap Elysa Hartati, S.Pd., M.Pd., kepala P2B UMBY. Mercu Buana...Lebih Baik

0 Komentar :

  • Belum Ada Komentar

Isi Komentar :