Walikota dan Koordinator Kopertis V Beri Kuliah Perdana di UMBY

Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY)  mengadakan kuliah umum bagi 2.750 mahasiswa dari 14 program studi di dua tempat yaitu di  Auditorium lantai 3 Rektorat kampus I dan auditorium lantai 2 Kampus III (Senin, 11/9/2017). Kuliah umum  untuk kampus 1 di isi  oleh pembicara dari Kemenristekdikti yaitu Dr Ir. Bambang Supriyadi, CES, DEA yang saat ini menjabat sebagai Koordinator Kopertis V Yogyakarta. Sementara di Kampus III dengan pembicara Walikota Yogyakarta, Drs. Haryati Suyuti.


Kuliah umum   mengambil tema “Mewujudkan generasi Indonesia yang berkarakter dan berdaya saing global”. Dr Bambang Supriyadi menegaskan pentingnya pendidikan nilai, pendidikan budi pekerti, pendidikan moral, pendidikan watak yang bertujuan mengembangkan kemampuan peserta didik untuk memberikan keputusan baik-buruk, memelihara apa yang baik & mewujud-kan kebaikan itu dalam kehidupan sehari-hari dengan sepenuh hati, jadi mahasiswa mercu buana harus punya karakter.


Sementara Drs. Haryati Suyuti  menegaskan bahwa “Generasi muda calon pemimpin bangsa yang berkarakter luhur ditandai dengan kesehatan jasmani, kemampuan berpikir logis, kematangan emosional dan spiritual, wawasan kebangsaan dan student exchange”.


Ketua panitia Ospek, Reifan Oktario Rakasiwi didampingi Aditya Anugrah Laksana terkait dengan tema mengatakan “Pentingnya pendidikan karakter untuk pemuda dikuatkan dengan kenyataan bahwa pemuda- pemuda hari ini banyak yang mengalami krisis karakter, tawuran antar pelajar atau antar mahasiswa, meningkatnya kenakalan remaja termasuk penyalahgunaan narkoba, maraknya pergaulan bebas, dan lain-lain, merupakan bukti nyata ambiguitas peran pendidikan nasional yang tidak memberikan nilai tambah dalam proses pembelajaran mereka”.


Ditambahkan lagi banyak sekali pemuda saat ini yang terjebak dalam lingkaran apatisme, hedonisme dan semacamnya, yang semuanya mengarah pada sikap “anti sosial”, dan mungkin saja ini karena ketidaksiapan karakter pemuda dan mahasiswa dalam menghadapi era globalisasi.

0 Komentar :

  • Belum Ada Komentar

Isi Komentar :