BEM Psikologi UMBY Seminarkan Neuro Linguistik Programming (NLP)

NLP (Neuro Linguistic Programming) adalah suatu metode peningkatan dan pemberdayaan kualitas seseorang dengan melakukan pemrograman pikiran menggunakan bahasa atau komunikasi.  NLP ini dilakukan sebagai upaya mengurangi dan mengatasi tekanan dalam diri individu yang dapat mengarah pada permasalahan psikologis seperti psikosomatis, dan depresi yang rentan dialami oleh siapapun diantara kita, yang tujuannya adalah: menambah pengetahuan tentang Neuro Linguistic Programming ; meningkatkan pemahaman tentang diri sendiri, konflik diri secara internal dan eksternal; mengenal permasalahan yang ada sebelum diberi intervensi; mengenalkan sebuah metode intervensi untuk menurunkan keluhan psikologis; mengenalkan sebuah metode intervensi untuk mengatasi masalah pribadi maupun kelompok dan komunitas; menambah keterampilan mengatasi masalah bagi individu agar dapat meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi dalam kehidupan sehari-hari; menggunakan metode/terapi yang dilatihkan untuk menolong diri sendiri dan atau lingkungan.


Berdasarkan permasalahan itulah BEM Fakultas Psikologi UMBY  menyelenggarakan seminar   dengan mengangkat tema “Becoming excelent student with Neuro Linguistik Programming (NLP)” di Ruang Seminar Kampus Pusat UMBY di Jalan Wates Km. 10 Yogyakarta pada hari sabtu, 7 Januari 2017, dengan   menghadirkan narasumber Abdul Aziez, S.Psi., CMTNLP., CTNLHt., CNLC. 


Ketua Panitia, Budi M Kurniawan menyampaikan, “pelatihan ini mengangkat tema pelatihan neuro linguistic programming atau NLP untuk memahamkan diri individu khususnya mahasiswa akan potensi yang telah dimiliki kemudian dikembangkan lewat metode-metode yang telah dipelajari dari NLP. Dalam hal ini metodenya antara lain : Self awareness (penyadaran diri), well formed outcomes (merumuskan tujuan), teknik menggali dan mengoptimalkan potensi diri, dan teknik menghilangkan mental block”. 


Seminar juga dilengkapi beberapa simulasi pelatihan. Seminar ini juga tidak hanya di khususkan oleh mahasiswa prodi psikologi, namun juga prodi lain. Lebih dari 300 peserta seminar,  yang berasal dari berbagai kampus dan berbagai jurusan bahkan dari luar jogja, seperti solo dan semarang.  Dekan fakultas psikologi mengatakan dengan dihadirkannya pembicara yang mahir dalam metode NLP, diharapkan mahasiswa mampu menggali ilmu sebanyak banyaknya. Karena akademik saja tidak cukup untuk menjadi excelent student namun meningkatkan soft skill juga sangat diperlukan. Dan juga baik dalam proses pembelajaran, bagaimana menjadi pembelajar yang baik.

0 Komentar :

  • Belum Ada Komentar

Isi Komentar :