Fakultas Teknik

I. PENDAHULUAN
Fakultas Teknik dibuka pada tanggal 2 Juli 1997 dengan satu program studi yaitu Prodi Teknik Elektro yang saat ini berstatus terakreditasi B. Prodi Teknik Elektro Unwama memiliki 2 konsentrasi yaitu konsentrasi elektronika dan telekomunikasi. Sebagai universitas yang berada pada wawasan kehidupan masyarakat, misi fakultas Teknik Universitas Wangsa Manggala ialah menyediakan jasa pendidikan tinggi bagi seluruh lapisan masyarakat untuk membantu terwujudnya cita-cita kesejahteraan bangsa melalui pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Menjawab era informasi saat ini, maka Fakultas Teknik terus berusaha untuk meningkatkan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan mengembangkan diri agar dapat lebih berperan dalam bidang keteknikan, sebagai wujud kepedulian akan pemenuhan kebutuhan ilmu pengetahuan dibidang informasi.


A. VISI, MISI DAN TUJUAN
Visi: berkomitmen untuk mencerdaskan dan meningkatkan kesejahteraan bangsa selaras dengan cita?cita "Angudi Mulyaning Bangsa"; unggul dalam pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang teknik pada tingkat nasional maupun internasional.
Misi: Sebagai universitas yang berpola ilmiah pokok pada wawasan kehidupan masyarakat khususnya masyarakat pedesaan, menyediakan jasa pendidikan tinggi bidang teknik bagi seluruh lapisan masyarakat untuk membantu terwujudnya cita-cita kesejahteraan bangsa melalui pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Tujuan: Pembentukan sarjana yang menguasai pengetahuan teknologi, ketrampilan dan sarana modern sesuai dengan disiplin ilmu; dapat menerapkan pengetahuan dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi; dapat mengidentifikasi sistem, menganalisis dan menyelesaikan masalah?masalah teknik, dapat merancang sistem, komponen atau proses produksi; mempunyai komitmen terhadap kualitasnya; serta mampu berkomunikasi dan bekerjasama.


gedung_teknik_elektro.gif

B. KONSENTRASI
1.Elektronika
2.Telekomunikasi
Menyiapkan lulusannya menjadi ahli di bidang elektronika dan telekomunikasi. Perkembangan di kedua bidang tersebut sangat pesat dan permintaan pasar tenaga kerja sangat tinggi, sehingga dapat menjamin lulusannya untuk cepat terserap pada kedua bidang industri tersebut. Bidang ini mempunyai prospek yang cerah di masa yang akan datang.
Lama Studi : 4 Tahun (8 Semester)
Prasyarat : Lulus SMU-IPA
Lulus SMK-Teknik
Lapangan Kerja : Perusahaan Telekomunikasi, Instansi listrik gedung/pabrik. Pabrik/manufaktur elektronika. Wiraswasta. Konsultan. Tenaga Ahli di berbagai Departemen. Programmer. Teknisi di berbagai Perusahaan dan Industri. Tenaga Pengajar.

C. PIMPINAN
Dekan : Dr. Ir. Sasongko Pramono Hadi, DEA
Sekretaris Dekan : Yudianingsih, S.T., M.T.
Ka. Prodi : Wismalaili, S.T.

C. LABORATORIUM
Instalasi Listrik
Dasar Teknik Elektro
Elektronika Dasar
Elektronika Analog
Elektronika Digital
Mikroprosessor
Perancangan Sistem Digital
Telekomunikasi
Komputer
Kontrol dan Instrumentasi

D. KEUNGGULAN
• Biaya pendidikan yang terjangkau namun tetap mempertahankan kualitas
• Sarana pendidikan yang lengkap
• Mampu menggali dan mengembangkan potensi diri serta memiliki jiwa wirausaha
• Mampu mengintegrasikan antara kemampuan merancang dan menganalisa sistem
• Mempunyai kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris dalam bidang engineering.

E. LULUSAN DAN ALUMNI
• Jumlah lulusan 155 Sarjana (Th. 2001-2006), 95% sudah bekerja/wiraswasta diberbagai bidang, antara lain : Teknisi, Engineer, Supervisi dalam bidang Elektrikal, Telekomunikasi, Multimedia, Komputer (a.l: JogjaTV, PT. Add Plus, LG, Sanyo, Sara Lee, LC.Net dll)
• Tenaga Pengajar SMU/SMK dan Dosen.
• Wiraswasta dibidang Elektronika dan Komputer (a.l : Sanur Indomedia)
• Jaringan/hubungan dengan alumni yang terkoordinasi baik
• Workshop/bursa kerja dari perusahaan tempat alumni bekerja.

F. PELATIHAN
Fakultas Teknik memberikan pelatihan bagi mahasiswa, instansi dan umum di bidang :
1.Pelatihan komputer baik hardware (perakitan komputer) dan software meliputi : pemrograman, aplikasi perkantoran, internet, perancangan website, dll)
2.Pelatihan elektronika
3.Pelatihan Instalasi listrik

II. KURIKULUM
Kurikulum disusun secara ramping dan strategis untuk menjamin:
Lulusan yang berkualitas dan profesional dalam bidang Teknik Elektro dan menguasai aplikasi IPTEK
Kesesuaian dengan kebutuhan user, khususnya dunia usaha/industri dan bisnis (berorientasi ke pasar?kerja) baik nasional maupun regional /internasional
Keunggulan kompetitif dalam era globalisasi
Lulus tepat waktu dan cepat kerja