Prodi Ilkor UMBY Dorong Mahasiswa Publish Artikel Terindex SINTA

Progam Studi (Prodi) Ilmu Keolahragaan (Ilkor) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) menyelenggarakan Kuliah Umum dengan mengangkat tema “Kiat Sukses Publikasi Artikel Terindex SINTA”. Acara dilaksanakan secara online melalui aplikasi zoom pukul 10.00 – 12.00, Sabtu (07/01/2023)


Kegiatan ini menghadirkan narasumber Dr. Syahruddin, M.Kes selaku Wakil Dekan FIK Universitas Negeri Makassar (UNM) dan moderator Dody Tri Iwandana Spd.,M.Or.,AIFO dosen Prodi Ilmu Keolahragaan UMBY serta sambutan acara dari Nuryadi S.Pd.,Si.,M.Pd selaku Dekan FKIP UMBY.


Acara ini dihadiri oleh dosen tamu Guntur Firmansyah, M.Pd selaku Kaprodi dan Editor Chief Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (Jp.jok) dari IKIP Budi Utomo Malang serta beberapa mahasiswanya. Kegiatan ini juga diikuti oleh mahasiswa prodi Ilmu Keolahragaan UMBY.


Nuryadi S.Pd.,Si.,M.Pd selaku Dekan FKIP UMBY dalam sambutannya menyampaikan acara ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang bagaimana cara menulis artikel jurnal, bagaimana cara memulainya, serta apa saja yang harus dilakukan,


“Harapan kedepannya, karena jurnal sebagai bagian dari media komunikasi ilmiah, maka akan ada rencana peningkatan kriteria kelulusan dari Perguruan Tinggi terutama dari Program Studi Ilmu Keolahragaan UMBY bahwa mahasiswa harus membuat sebuah artikel jurnal yang harus dipublikasikan untuk syarat kelulusan,” harapnya


Dr. Syahruddin, M.Kes dalam paparannya menyampaikan materi mengenai cara memulai menulis artikel mulai dari menjelaskan tentang ciri artikel ilmiah, proses penulisan, pra penulisan, penulisan hingga pasca penulisan.


“agar mahasiswa dapat memahami serta mempermudah dalam  tahap memulai penulisan artikel, maka mahasiswa perlu memahami ciri artikel ilmiah, proses penulisan, pra penulisan, penulisan hingga pasca penulisan,” jelasnya


Sementara itu, Guntur Firmansyah, M.Pd selaku Kaprodi dan Editor Chief Jurnal Jp.jok IKIP Budi Utomo Malang turut menyampaikan mengenai aturan-aturan agar publikasi dapat lolos terverifikasi terindex SINTA.

PENERIMAAN MABA

Info PMB