Tim PkM UMBY Turut Serta Dampingi Objek Ekowisata Mbelik Sumilir

Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi dan Multimedia (FIKOMM) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) yakni Dr. St. Tri Guntur Narwaya, M.Si dan Arief Nuryana, M.I.Kom melaksanakan program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM), bekerjasama dengan Lembaga Pengabdian Masyarakat Kelurahan (LPMKAL) dusun Widoro, Bangunharjo, Sewon, Bantul dan juga Majelis Al Barqu Dusun Widoro.


Dr. St. Tri Guntur Narwaya, M.Si, sebagai Dosen UMBY yang ikut serta mendampingi proses pembangunan ekowisata sangat memberi apresiasi atas semangat dan kekompakkan dari semua warga.


“Hanya dengan sinergi dan Kerjasama maka ide ekowisata tentu akan berhasil diwujudkan. Oleh karenanya ide ini harus terus dikawal dengan proses dan metode yang baik juga,” ucap Dr. St. Tri Guntur Narwaya, M.Si,


Sementara itu, Arief Nuryana, M.I.Kom salah satu pengampu mata kuliah Komunikasi Pariwisata UMBY  menambahkan terkait potensi obyek wisata Mbelik Sumilir, bahwa desa memiliki peran strategis dalam pembangunan nasional, karena memasok hampir seluruh kebutuhan pangan nasional. Demikian pula, desa memasok kebutuhan tenaga kerja yang cukup besar di kota. Namun kehidupan di desa saat ini belum berkembang sebagaimana mestinya. Banyak penduduk desa tak lagi tertarik untuk bekerja di perdesaan.


“Usaha pariwisata akan melibatkan masyarakat sekitar destinasi wisata yang akan dibuka. Sebagai contoh, masyarakat dapat memanfaatkan lahan kosong, dan layanan makanan dan minuman di rumah masing-masing sebagai bagian meningkatkan pendapatan ekonomi. Masyarakat juga dapat menghasilkan kerajinan dan olahan pangan untuk dijadikan cindera mata,” jelas Arief Nuryana, M.I.Kom


Sebagai Pencanangan Objek Ekowisata, Paguyuban Baskoro Manunggal Budaya, dusun Widoro menggelar pestas ketoprak budaya dengan judul ‘Dumadining Mbelik Sumilir’. Pagelaran seni ketoprak tersebut juga sebagai pencanangan awal dan sosialisasi terhadap rencana pembangunan ruang publik dan ekowisata ‘Mbelik Sumilir’ yang akan dibangun di Kawasan timur dusun widoro pada Sabtu (19/11/2022)


Dalam kesempatan itu, beberapa tokoh penting kabupaten Bantul beserta tokoh kecamatan Sewon juga turut hadir. Beberapa yang datang di acara pentas ketoprak tersebut adalah bapak H. Subhan Nawawi selaku Wakil Ketua DPRD Kab. Bantul, Aryunadi, SE selaku Wakil Ketua Komisi B DPRD Bantul, Hartini, S.IP, MM sebagai Panewu Sewon, Nur Hidayat S.Ag, M.Si selaku Lurah Bangun Harjo serta beberapa tokoh Babinsa dan tokoh ormas kecamatan Sewon.


H. Subhan Nawawi dan Aryunadi, SE dalam sambutannya menyambut baik gagasan perencanaan pembangunan ekowisata di kampung Widoro. Mereka juga secara terbuka akan komitmen mendukung sepenuhnya gagasan ini. Aryunadi melihat ini sebagai langkah positif yang perlu untuk didukung.


Sementara itu, respon dukungan juga disampaikan oleh ibu Hartini sebagai Panewu Kecamatan Sewon. Menurutnya langkah kerjasama dan saling sinergi adalah langkah penting untuk mensukseskan rencana pembangunan Ekowisata ini.

PENERIMAAN MABA

Info PMB