Mahasiswa Ilkor UMBY Raih Medali Emas di ASEAN Para Games 2022


Indonesia kembali menjadi tuan rumah perhelatan event terbesar se-Asia Tenggara. Kali ini menyelenggarakan kejuaraan olahraga untuk disabilitas yaitu ASEAN Para Games. Event ini diselenggarakan di Solo, Jawa Tengah dan berlangsung tanggal 30 Juli 2022 hingga 6 Agustus 2022.


Dalam Asean Para Games ini mempertandingkan 14 cabang olahraga, antara lain Atletik, Tenis Meja, Renang, Angkat Berat, Bulutangkis, Catur, Boccia, Goalball, Tenis Kursi Roda, Basket Kursi Roda, Voli Duduk, Judo, Panahan, dan Sepakbola Cerebral Palsy.


Hadir sekitar 1283 atlet dari 11 negara Asia Tenggara yang bertanding dalam event internasional ini. Hadirnya ASEAN Para Games XI di kota Solo menjadikan harapan bagi atlet untuk menunjukkan kemampuannya setelah lama menjalani proses latihan yang panjang.


Hal yang menarik dari event internasional ini, dari sekian banyak atlet Indonesia yang akan bertanding, ada salah satu atlet Indonesia dari cabang olahraga bulutangkis yang mempunyai keinginan tinggi. Tidak hanya ingin meraih prestasi dalam kejuaraan saja tapi juga ingin meraih mimpi dalam pendidikan sarjana.


Yakni, Suryo Nugroho, mahasiswa Program Studi Ilmu Keolahragaan (Ilkor) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) yang merupakan atlet Para Badminton kategori SU5. Sederet prestasi nasional maupun internasional sudah diraihnya. Yang terbaru dalam event ASEAN Para Games yakni mendapatkan medali emas untuk nomor Men’S Team-SUS. Selanjutnya untuk nomor Single Suryo Nugroho akan menghadapi Malaysia di babak semifinal.


Suryo mengatakan bahwa pendidikan itu sangat penting untuk menunjang ketika besok sudah tidak aktif lagi menjadi atlet. Adapun peran pelatih dan keluarga terdekat dalam mendukung karirnya, menjadikan dirinya termotivasi untuk melanjutkan studi.


“Saya ingin menuntaskan mimpi saya selain berprestasi dilapangan juga dapat menyandang gelar sarjana,” ujarnya.


Program studi Ilmu Keolahragaan (Ilkor) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMBY mempunyai visi dan misi salah satunya dapat memfasilitasi bagi atlet yang ingin melanjutkan studi tetapi juga tetap dapat latihan sesuai intruksi pelatih. Karena dalam perkuliahannya tidak hanya diakses secara offline saja tetapi juga bisa online.


Seperti yang diungkapkan oleh Kaprodi Ilmu Keolahragaan UMBY Ardhika Falaahudin S.Pd. Jas., M.Or bahwa Prodi Ilkor menjembatani bagi atlet yang ingin mendapatkan pendidikan dan juga bisa tetap fokus latihan.


“Untuk kedepannya akan dilakukan talent scouting secara lebih luas agar dapat memunculkan atlet seperti Suryo Nugroho,” tegasnya

PENERIMAAN MABA

Info PMB