Kurangi Kecanduan Gadget, KKN 29 UMBY Ajarkan Seni Lukis pada Anak di Dusun Kwiden

Pada era saat ini, teknologi memang semakin canggih. Tak heran jika anak-anak lebih sering memegang gadget daripada bermain, bahkan anak-anak lebih pintar dalam bermain gadget dibanding orangtua mereka. Meskipun banyak hal yang dapat dipelajari melalui gadget, tetapi jika terlalu sering akan menjadi kecanduan bagi anak.


Pengenalan teknologi memang penting tetapi perlu adanya pengawasan dari orang tua. Anak yang terlepas dari pengawasan orang tua cenderung kecanduan permainan modern yang ada pada gadget. Kebiasaan bermain gadget akan dapat menghambat perkembangan sosial anak. Mereka cenderung mengasingkan diri, dan tidak mau bersosialisasi dengan teman sebayanya.


Mengingat bahaya dari kecanduan gadget pada anak, maka Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 29 Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), mengadakan program kerja seni lukis sebagai upaya untuk mengurangi kecanduan gadget pada anak. Kegiatan dilaksanakan di TPA dusun Kwiden, Pakis, Magelang. Sabtu (30/7/2022).


Putra Ramadhani selaku Ketua KKN kelompok 29 UMBY, menyampaikan bahwa tujuan adanya program kerja seni lukis yaitu untuk mengurangi kecanduan gadget pada anak.


“Tujuan lain yakni untuk mengenalkan anak - anak dengan seni lukis agar membantu mereka menjadi lebih kreatif, serta dapat menuangkan ekspresi yang mereka rasakan,” jelasnya


Sementara itu, Meli Sartika salah satu anggota KKN Kelompok 29 UMBY, menambahkan bahwa kegiatan seni lukis merupakan sarana edukasi yang memiliki banyak manfaat bagi anak.


“Selain mengurangi kecanduan gadget, seni memiliki manfaat yang berharga dalam periode kehidupan anak usia dini termasuk meningkatkan rasa percaya diri, serta membantu pertumbuhan dan perkembangan otak anak,” katanya


Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN Kelompok 29 UMBY, Anief Fauzan Rozi, S.Kom., M.Eng., MCE., sangat mendukung program kerja mahasiswa binaanya.


“Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi kegiatan positif yang dpat merangsang dan mengoptimalkan perkembangan otak agar meningkatkan kapasitas belajar pada anak,” tutur Anief


Kepala Dusun Kwiden, Susilo mengatakan bahwa ide kegiatan seni Lukis yang diajarkan oleh KKN kelompok 29 UMBY sangat bagus dan positif, serta dapat menyalurkan bakat anak-anak.


“Semoga ke depannya anak-anak bisa banyak mendapat pelatihan seperti ini karena dapat meningkatkan kreativitas dan menggurangi ketergantungan pada gadget,” tuturnya.


Dilansir dari Empowered Parents, lima manfaat positif kegiatan melukis untuk anak yakni dapat meningkatkan kreativitas, baik untuk perkembangan kognitif, meningkatkan keterampilan perencanaan, melepaskan ekspresi emosional yang lebih sehat, dapat meningkatkan imajinasi

PENERIMAAN MABA

Info PMB