Mahasiswa PBI UMBY, Belajar, Bergerak, dan Memberi Dampak

Senin (01/08/2022), program studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mengadakan program diseminasi pelaksanaan kegiatan Kampus Mengajar angkatan 3 yang merupakan salah satu kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan tema “Belajar, Bergerak, dan Memberi Dampak”.


Enam (6) mahasiswa PBI UMBY yang sudah menjalankan program Kampus Mengajar angkatan 3, diantaranya Leni Marliyansah, Hesty Aris Santi, Meliana Muliawati, Randi Melawati, Muhammad Fadhly Pratama Harahap, dan Tomi Alwanto, membagikan pengalamannya di depan para dosen dan mahasiswa PBI UMBY maupun non-PBI.

Mereka mempresentasikan kegiatan yang dijalankan selama lima (5) bulan mengikuti Kampus Mengajar di daerah masing-masing dengan diikuti sesi tanya jawab setelahnya oleh para dosen pengampu untuk menentukan nilai konversi dari rekognisi kegiatan.
Beberapa mata kuliah yang terkonversi dari kegiatan ini adalah Kuliah Kerja Nyata (KKN), Program Pengenalan Lapangan (PPL), Teaching English for Young Learners (TEYL), Technology Enhanced Language Learning (TELL), Profesi Kependidikan, dan Cross Cultural Understanding.

Elysa Hartati, S.Pd., M.Pd., Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris UMBY mengatakan bahwa Tujuan dari acara diseminasi ini adalah untuk penentuan nilai mata kuliah yang terkonversi dari kegiatan Kampus Mengajar.


“Para dosen bisa melakukan konfirmasi kepada mahasiswa Kampus Mengajar atas kegiatan apa saja yang telah mereka lakukan. Selain itu, acara diseminasi yang dibuka untuk umum ini juga bertujuan untuk berbagi pengalaman kepada adik-adik mahasiswa yang ingin mengikuti kegiatan serupa kedepannya,” jelasnya


Penekanan pada peningkatan literasi baca, numerasi, dan adaptasi teknologi dalam kegiatan ini juga sangat selaras dengan visi PBI UMBY, sehingga dalam implementasinya para mahasiswa sudah sangat adaptif dengan keadaan di masing-masing sekolah.

“Saya sangat senang karena saya mendapatkan pengalaman berbagi untuk guru-guru di SDN Rejosari, Ngaglik, Sleman. Saya diminta untuk menjadi narasumber dalam pelatihan CANVA untuk media pembelajaran,” ungkap Fadhly salah satu alumni Kampus Mengajar dalam presentasinya.


Sementara itu, Leni Marliansyah, alumni Kampus Mengajar 3, juga menyebutkan dalam presentasinya sebagai bentuk pemberdayaan kepada masyarakat, ia menghadirkan pojok baca di sekolah untuk mendukung peningkatan literasi membaca bagi anak-anak sekolah dasar.

PENERIMAAN MABA

Info PMB