PBI FKIP UMBY dan British Council Indonesia, adakan iTell Conference 2022

Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) bekerjasama dengan British Council Indonesia dan  Indonesia Teknologi Enhanced Language Learning (iTELL) mengadakan i-Tell Conference 2022 yakni konferensi mengenai pembelajaran Bahasa Inggris secara online. Acara ini digelar selama dua hari yaitu 13- 14 Juli 2022 di Sahid Raya Hotel Yogyakarta. 


i-Tell Conference pada tahun ini mengusung tema International Conference on Online Learning, Then, Now, And Future Direction. Acara ini berisikan serangkaian presentasi-presentasi dari para presenter dari berbagai macam institusi dari berbagai  daerah di dalam negeri maupun luar negeri.


Institusi-Institusi di Indonesia yang hadir dalam acara berikut di antara lain adalah dari Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Indonesia dan Universitas Pelita Harapan. Universitas-Universitas di Yogyakarta turut juga berkontribusi dalam memberikan presentasi-presentasi di konferensi ini antara lain Universitas Sanata Dharma, Universitas Islam Indonesia, Universitas Negeri Yogyakarta dan Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta.


Acara ini dibuka oleh direktur iTell Indonesia, Dr. Anuncius Gumawang Jati, M.A. dan juga Direktur Pusat Budaya, Bahasa dan Pendidikan Inggris British Council Indonesia, Mr. Colm Peter Downes. Dalam serangkaian acara tersebut, terdapat berbagai presenter dari institusi-intitusi ternama di antaranya David Read dari English Language Teaching Centre, The University of Sheffield, UK yang menghantarkan presentasi berjudul Is Virtual Reality the Future of English Learning? Yang berisikan mengenai pembelajaran Bahasa Inggris menggunakan sarana realita virtual.


Peserta lain yakni Rahma Sinta mewakili institusinya yakni  Centre for Tech Innovation in Education memberikan presentasi berjudul Utilizing Canva and Schoology in the Teaching of English as a Foreign Language to Promote Learners’ Autonomy, A Case Study in A Business English Class. Presentasi tersebut berisikan cara-cara menggunakan aplikasi Canva dan Schoology demi menunjang kemandiraian belajar dalam kelas English for Business atau Bahasa Inggris kewirausahaan


Rektor UMBY, Dr Agus Slamet, S.TP., M.P mangatakan bahwa kegiatan iTELL Conference ini merupakan sarana untuk mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).


“Kolaborasi-kolaborasi seperti ini sangat baik dilakukan, agar kita tetap bisa mengikuti perkembangan yang terjadi di luar. Disamping itu, sinergi UMBY dengan pihak luar kampus sangat tepat dilakukan terutama di era digital saat ini. UMBY yang telah menerapkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (UMBY) terus mendorong mahasiswa maupun sivitas akademika untuk mengeksplorasi kemampuan untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki,” tuturnya


Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMBY, Nuryadi, SpdSi MPd menyampaikan bahwa penguatan pendidikan karakter,  memang tidak terasa era 4.0 itu dipercepat dengan adanya pandemi. Sehingga sekarang menuju era sociaty 5.0.


“Pendidikan karakter itu penting salah satunya yaitu pemanfaatan teknologi harus didukung dengan penguatan karakter. Diharapkan pembelajaran teknologi dan karakter harus bersinergi,” tuturnya.


Dangin, S.Pd M.Hum  selaku Ketua Pelaksana iTELL Conference 2022 dan dosen Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) FKIP UMBY menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mewadahi bagi pengajar atau para pendidik Bahasa Inggris, untuk bertukar pikiran dan mendapatkan pengalaman baru bagi 231 peserta. Ada dari beberapa wilayah yang ikut seperti Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua juga dari Inggris.


“Target yang dicapai dari konferensi ini adalah mendapat pengalaman dan ilmu yang baru. Karena saat ini teknologi sangat dibutuhkan dalam pengajaran. Dalam acara ini, peserta akan mempresentasikan penelitiannya, harapan kami para peserta dan panitia bisa belajar dari penemuan baru yang muncul di sini dan pengalaman yang baru,” ujarnya.

PENERIMAAN MABA

Info PMB