UMBY Jalin Kerja Sama dengan STKIP Al Islam Tunas Bangsa Bandar Lampung

Dalam rangka memperluas jalinan kerja sama antar perguruan tinggi dan sebagai upaya untuk mendukung program Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) mengenai Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM),Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) melalui Bagian Kerja Sama Dalam Negeri UMBY, menjalin kerja sama dengan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Al Islam Tunas Bangsa Bandar Lampung.


Kerja sama ini ditandai dengan Penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara UMBY dengan STKIP Al Islam Tunas Bangsa Bandar Lampung  dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) atau Memorandum of Agreement (MoA) antara Program Studi Ilmu Keolahragaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMBY dengan Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (PENJASKESREK) STKIP Al Islam Tunas Bangsa Bandar Lampung. Acara ini diselenggarakan di Ruang Seminar Gedung Rektorat Kampus 1 UMBY, Jalan Raya Wates Sedayu Bantul, pukul 14.00-15.30 WIB. Selasa, (12/07/2022)


Acara dihadiri oleh Rektor UMBY, Dr. Agus Slamet, S.TP., M.P, Wakil Rektor Sumberdaya UMBY Tutut Dewi Astuti, SE., M.Si., Ak, CA, CTA, ACPA, Wakil Rektor Akademik UMBY IrWafit Dinarto, M.Si, Dekan FKIP UMBY, Wakil Dekan FKIP UMBY, Kaprodi Ilmu Keolahragaan UMBY, Kepala Bagian Kerja Sama Dalam Negeri UMBY, Dosen Ilmu Keolahragaan UMBY. Kemudian dari STKIP Al islam Tunas Bangsa Bandar Lampung yang hadir yakni Wakil Ketua I Qomario, S.Pd., M.Pd., Wakil Ketua II Ahmad Tohir, S.Pd., M.Pd, Wakil Ketua III Rachmat Dody Ariesna, M.Pd, dosen-dosen STKIP Al Islam Tunas Bangsa Bandar Lampung, dan mahasiswa.


Penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) ditandatangani oleh Rektor UMBY, Dr. Agus Slamet, S.TP., M.P, dan Ketua STKIP Al Islam Tunas Bangsa Bandar Lampung yakni Prof. Dr. Sugiyanto, M.T.


Sementara itu, Perjanjian Kerja Sama (PKS) atau Memorandum of Agreement (MoA) antara Program Studi Ilmu Keolahragaan UMBY dan Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (PENJASKESREK) STKIP Al Islam Tunas Bangsa Bandar Lampung ditandatangani oleh Ardhika FalahudinM.Or. selaku Kaprodi Ilmu Keolahragaan UMBY dan Qomario, S.Pd., M.Pd. selaku Wakil Ketua I sekaligus Kaprodi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (PENJASKESREK) STKIP Al Islam Tunas Bangsa.


Kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan hubungan kemitraan antara UMBY dan STKIP Al Islam Tunas Bangsa Bandar Lampung dalam bidang Pendidikan dan penelitian yang mewujudkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di tingkat program studi. Ruang lingkup kerja sama ini meliputi, penelitian bersama, pertukaran mahasiswa, penyelenggaraan seminar atau konferensi ilmiah, pertukaran dosen, penerbitan berkala ilmiah dan penerbitan bersama yakni artikel atau jurnal ilmiah.


Rektor UMBY dalam sambutannya menyampaikan bahwa adanya kerja sama antar perguruan tinggi ini diharapkan dapat mencerdaskan kehidupan bangsa, baik mahasiswa di UMBY atau mahasiswa STKIP Al Islam Tunas Bangsa Bandar Lampung, dan semoga jalinan kerja sama ini dapat saling bermanfaat untuk meningkatkan prestasi mahsiswa, karena prestasi mahasiwa merupakan tolak ukur yang sangat penting


“Terimakasih atas hadirnya di kampus UMBY, semoga jalinan kerja sama ini dapat bermanfaat untuk kedua belah pihak yakni UMBY dan STKIP Al Islam Tunas Bangsa Bandar Lampung terkhusus program studi ilmu keolahragaan UMBY dan Prodi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (PENJASKESREK) STKIP Al Islam Tunas Bangsa ,” tuturnya.


Qomario, S.Pd., M.Pd., selaku Wakil Ketua I sekaligus Kaprodi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (PENJASKESREK) STKIP Al Islam Tunas Bangsa Bandar Lampung dalam sambutannya menyampaikan bahwa adanya MoU dan MoA sebagai implementasi kedepannya untuk dosen atau mahasiswa yang mau berkolaborasi.


“Harapannya, dengan adanya kerja sama ini, dosen dan mahasiswa STKIP Al Islam Tunas Bangsa Bandar Lampung dapat berkolaborasi dengan dosen dan mahasiswa di UMBY, sesuai dengan program Mendikbud yakni program MBKM,” jelasnya.


Nuryadi, S.Pd., Si., M.Pd selaku Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMBY, memaparkan materi mengenai pengenalan program studi ilmu keolahragaan, yang menyampaikan bahwa profil lulusan ilmu keolahragaan UMBY adalah industri olahraga.maka dari itu, program MBKM membuat kita justru lebih maju, salah satunya dengan adanya magang bersertifikat.


“Kedepannya, harapan kami lulusan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMBY, ada tambahan gelar non akademik yang diakui oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Kemudian, nantinya lulusan prodi Ilmu Keolahragaan UMBY bisa langsung berbakti mengimplementasikan keilmuan yang bisa digunakan di masyarakat, menuju era society 5.0,” jelasnya.

Sementara itu, Ardhika Falahudin
M.Or. selaku Kaprodi Ilmu Keolahragaan UMBY, mengatakan dengan adanya kerja sama Program Studi Ilmu Keolahragaan UMBY dengan STKIP Al Islam Tunas Bangsa Bandar Lampung, harapannya program MBKM bisa berjalan terkait dengan  riset, dan sejalan dengan program Prodi Ilmu Keolaharagaan UMBY.


“Harapan kami, semoga adanya kerja sama ini, program MBKM bisa berjalan terkait dengan  riset, dan sejalan dengan program Prodi Ilmu Keolaharagaan UMBY yang akan melaksanakan 4 kegiatan mengajar yaitu ada eksistensi mengajar, magang, riset, dan kewirausahaan. Semoga dari kerja sama ini bisa mengambil salah satu  kegiatan mengajar MBKM ini,” tuturnya


Ardhika FalahudinM.Or. menambahkan bahwa, semoga dengan adanya kerja sama ini akan meningkatkan akreditasi Prodi Ilmu Keolaharagaan UMBY, dan dosen bisa berkolaborasi terkait dengan penelitian, joint research,  maupun joint community.  

PENERIMAAN MABA

Info PMB