Ilmu Keolahragaan UMBY Kerjasama dengan KONI Bantul Adakan Tes Kondisi fisik Atlet

Program Studi Ilmu Keolahragaan (Ilkor) Fakultas Kegururuan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) membantu terselenggaranya tes kondisi fisik atlet KONI Kabupaten Bantul. Tes kondisi fisik ini dilaksanakan di hall indoor Kampus 1 beralamat di Sedayu, Bantul. Hal ini juga merupakan bagian dari kerjasama antara UMBY dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Bantul dalam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat.


Kepala Program Studi Ilmu Keolahragaan  UMBY, Ardhika Falahudin, M.Or mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menganalisis kondisi fisik atlet guna mempersiapkan diri dalam Pekan Olahraga Daerah (Porda) DIY mendatang.


“Kondisi fisik menjadi salah satu dasar bahkan modal utama atlet dalam mengawali olahraga. Karena kondisi fisik menjadi screening awal para atlet dalam mempersiapkan performa dalam olahraga yang akan dilakukan. Terlebih apabila atlet akan melakukan petandingan, jika kondisi fisik buruk tentu akan berpengaruh pada capaian prestasi atlet yang kurang maksimal,” jelasnya


Ardhika Falahudin, M.Or menambahkan bahwa penting bagi para atlet memiliki kondisi fisik yang baik karena dapat meningkatkan performa atau prestasi yang maksimal dalam pertandingan olahraga. Oleh karena itu dibutuhkan analisa kondisi fisik atlet untuk mengetahui kesiapan atldalam mengoptimalkan persiapan pertandingan dan dapat memperoleh pencapaian prestasi yang maksimal.


“Diharapkan dengan adanya tes ini bisa membantu atlet dan pengurus dalam meningkatkan performa dan prestasinya sesuai dengan target utama yaitu menjadi juara umum Porda DIY,” tutupnya

PENERIMAAN MABA

Info PMB