Ilmu Keolahragaan UMBY Kenalkan Circulo Massage pada Atlet KONI Bantul

Program Studi Ilmu Keolahragaan (Ilkor) Fakultas Kegururuan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) membantu mengenalkan circulo massage kepada atlet Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bantul. Kegiatan ini dilaksanakan di hall indoor Kampus 1 UMBY beralamat di Sedayu, Bantul. Hal ini juga merupakan bagian dari kerjasama antara UMBY dan KONI Bantul dalam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat.


Circulo massage merupakan salah satu massage dengan sasaran utama sirkulasi darah dan limfe dengan teknik andalan friction. Menurut Dody Tri Iwandana selaku pemateri menyampaikan bahwa circulo massage ini bertujuan untuk memulihkan kelelahan dan mendapatkan kebugaran. Circulo massage menghasilkan hormon endorfin yang fungsinya sebagai penenang.


Circulo massage juga menghasilkan hormon tiroksin yang bertujuan untuk memperlancar metabolisme tubuh. Hormon tiroksin didapat dari teknik gerakan effleurage dan tapotement. Hormon adrenalin juga dihasilkan oleh circulo massage dengan menggunakan teknik tapotement yang bertujuan merangsang saraf simpatis. Teknik andalan pada circulo massage adalah friction dengan gerakan sirkuler. Tapotement dimaksudkan untuk memaksimalkan hasil friction, dan effleurage dirnaksudkan untuk penenangan,” Dody Tri Iwandana


Dijelaskan juga kegiatan ini sebagai bagian mempromosikan konsentrasi dari program studi ilmu keolahragaan UMBY yaitu terapi olahraga, personal trainer dan guru olahraga. Adapun mahasiswa yang ikut membantu dalam acara ini Muh Kholil, yang sudah secara mandiri mempunyai jasa terapi cedera olahraga. Kegiatan ini juga diharapkan dapat menambah pengetahuan dalam bidang olahraga, sekaligus secara praktis diharapkan dapat memberikan informasi bagi atlet maupun para pelatih khususnya mengenai aspek-aspek terkait cara circulo massage untuk menjaga kebugaran bagi atlet kabupaten bantul dalam persiapan Porda DIY 2022.

PENERIMAAN MABA

Info PMB