Hadirkan Dosen Filipina, Pendidikan Matematika UMBY Perluas Wawasan Kurikulum

Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)  Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) menyelenggarakan acara International Guest Lecturer. Acara dilakukan secara online melalui zoom meeting dengan tema “Education Curriuculum in The Philippines During The New Normal”. Kamis, (30/06/2022)


Sebagai wujud penjajakan dengan mitra di kampus luar negeri, Pendidikan Matematika UMBY hadirkan dosen dari University of Southern Mindanao Philippines yaitu Sarah Vega Ramos, MEAL untuk memperkuat wawasan mengenai kurikulum yang ada di Filipina selama masa New Normal. Sarah, dosen muda berusia 31 tahun Ph.D candidate di Ateneo de Davao University tersebut merupakan pakar dalam membahas kurikulum yang ada disana.


Nanang Khuzaini, S.Pd.Si., M.Pd. selaku Dosen Pengampu mata kuliah Analisis Kurikulum Matematika Sekolah Menengah sekaligus moderator dalam acara tersebut mengungkapkan bahwa mahasiswa perlu memperluas wawasannya dalam hal kurikulum bukan hanya di Indonesia, melainkan dari negara lain juga


“Melalui acara ini, mahasiswa dituntut untuk mampu memahami materi yang disampaikan dari dosen tamu meskipun dalam Bahasa Inggris,” jelasnya.


Selain menjadi dosen tamu, Sarah juga telah bebrkolaborasi dengan dosen Pendidikan Matematika UMBY dalam bidang publikasi. Kolaborasi publikasi ini dilakukan oleh Nafida Hetty Marhaeni, M.Pd. dan Nuryadi, S.Pd.Si., M.Pd. berkaitan dengan implementasi strategi pembelajaran kooperatif di sekolah menengah untuk meningkatkan kemampuan problem solving. Tentunya, kolaborasi ini akan ditingaktkan dalam hal penelitian dan pengabdian masyarakat.


Arie Purwanto, S.Pd., M.Sc. mewakili kepala program studi (kaprodi) Pendidikan Matematika UMBY berharap acara ini akan berlanjut untuk series-series selanjutnya menghadirkan pakar-pakar lain dari negara berbeda.


“kami harap acara ini dapat berlanjut untuk series-series selanjutnya menghadirkan pakar-pakar lain dari negara berbeda seperti Korea Selatan, Malaysia, Thailand, Singapura, dan lainnya,” ucapnya


Walaupun baru perdana, tapi acara ini dihadiri oleh lebih dari 60 peserta yang berasal dari mahasiswa Pendidikan Matematika UMBY dan University of Southern Mindanao Philippines, bahkan dihadiri oleh dosen dari Universitas Ahmad Dahlan dan Universitas Qamarul Huda Badarudin.


Acara berlangsung lancar dan antusiasme peserta sangat tinggi. Anggit Prabowo, M.Pd. dosen Universitas Ahmad Dahlan ikut andil dalam memberikan pertanyaan kepada narasumber.


“acara ini sangat menarik, sangat bermanfaat, dan perlu dilanjutkan untuk membahas isu-isu terkini,” ucapnya

PENERIMAAN MABA

Info PMB