Career Center UMBY Gelar Webinar Kesiapan Menghadapi Dunia Kerja

Setelah sukses mengadakan talkshow MSIB pada bulan Desember 2021 lalu, kini Career Center Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) kembali mengadakan webinar kesiapan karir guna menunjang persiapan mahasiswa maupun alumni dalam menghadapi dunia kerja melalui aplikasi zoom. Acara ini diikuti oleh mahasiswa UMBY dan Perguruan Tinggi lainnya, freshgraduate dan umum. Sabtu, (8/01/2022).


Webinar ini dipandu oleh Nanda Melania Dewi (Tim Career Center UMBY) sebagai moderator dan menghadirkan empat pembicara professional yakni Diah Utari M., M.Psi., Psikolog ( Associate Psikolog di ECC.co.id dan Associate Psikolog PT.LPP Agro Nusantara), Nur Fachmi Budi S., M.Psi., Psikolog (Dosen Fakultas Psikologi UMBY dan Ex-HR Recruiter perusahaan-perusahaan ternama), Arrumaisha Fitri., M.Psi., Psikolog (Associate Psikolog di ECC.co.id dan Dosen Universitas Islam Negeri Jember) dan Nanda Yunika Wulandari., M. Psi., Psikolog (Dosen Fakultas Psikologi UMBY dan Kepala bagian Career Center UMBY).


Berbeda dengan acara sebelumnya, Career Center mengkonsep acara kali ini dengan membuat 2 sesi dan memberi kesempatan peserta untuk praktek. Sebelum webinar dimulai terdapat  sambutan dari kepala bagian Career Center Nanda Yunika Wulandari., M.Psi.,Psikolog yang memberikan sambutan sekaligus pengantar terkait acara ini.


“Acara ini dapat dikatakan sebagai paket lengkap informasi umum yang diperlukan untuk persiapan menghadapi dunia kerja. Terdapat empat topik yang dibahas secara berurutan, yaitu pentingnya persiapan karier, bedah CV, wawancara, dan LGD. Harapannya adalah peserta memiliki wawasan sehingga menjadi lebih siap dalam menghadapi proses seleksi, baik yang berkaitan dengan seleksi pada program Magang dan Studi Independen Bersertifikat dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dari pemerintah yang mana proses seleksi akan dilakukan di bulan Januari 2022 ini, maupun untuk para lulusan yang sedang melakukan proses melamar kerja,” ungkap Nanda Yunika saat memberikan sambutan.


Diah Utari M., M.Psi., Psikolog ( Associate Psikolog di ECC.co.id dan Associate Psikolog PT.LPP Agro Nusantara) menyampaikan bahwa Sebelum terjun ke dunia kerja harus mampu mengenali diri sendiri, mengerti kelebihan dan kekurangan.


“Sebelum terjun ke dunia kerja, teman-teman harus mampu mengenali diri sendiri, mengerti kelebihan dan kekurangan serta harus tahu, teman-teman berminat di bagian apa, ingin bekerja di mana. Jika merasa kesulitan menemukan minat kalian, kalian bisa melakukan psikotes” jelas Diah Utari pada sesi kesiapan karir.


Hal yang sama juga dipaparkan oleh Nur Fachmi Budi S., M.Psi., Psikolog (Dosen Fakultas Psikologi UMBY dan Ex-HR Recruiter perusahaan-perusahaan ternama) pada sesi bedah CV. Selain menunjukan cara yang benar mengenai penulisan CV, pemateri juga memaparkan tips agar memiliki CV yang baik dan dapat dilirik oleh HR.


“Hal pertama yang harus kalian tahu, sebelum membuat CV pastikan kalian memiliki tujuan dan target kalian selama beberapa tahun ke depan, kalian juga harus tahu kualifikasi perusahaan yang akan kalian lamar.” Jelas Nur Fachmi.


“Agar memiliki posisi yang kalian inginkan, maka ada beberapa proses yang harus kalian lalui. Misalnya 5 tahun ke depan anda ingin menjadi HRD di perusahaan ternama, maka apa yang harus kalian siapkan? pengalaman, skill, dan kompetensi,” Imbuh Nur Fachmi


Sesi kedua juga tidak kalah menarik, pada bagian kedua rangkaian webinar ada 2 materi yang di praktekan langsung bersama peserta yakni wawancara dan LGD. Pada sesi wawancara pemateri memberikan informasi mengenai wawancara yang efektif, yakni menggunakan teknik STAR (Situation, Task, Action, Result). Tidak hanya itu saja, wawancara yang baik juga harus memperhatikan perilaku serta kontak mata.


Arrumaisha Fitri., M.Psi., Psikolog (Associate Psikolog di ECC.co.id dan Dosen Universitas Islam Negeri Jember) menyampaikan tentang teknik STAR.


“Dengan menggunakan teknik STAR maka apa yang kita jelaskan akan lebih terkonsep dan jawaban kita tidak melebar ke mana-mana, dan pastikan kalian menjadi dengan yakin. Pertahankan kontak mata dan perhatikan background ketika kalian menghadapi wawancara online” Jelas Arrumaisha.


Dan materi yang terakhir yakni LGD (Leaderless Group Discussion). LDG bisa jadi merupakan salah satu tahap merupakan tahapan penting yang harus dilalui oleh kandidat salat mengikuti proses seleksi di beberapa perusahaan tertentu.


“LGD sangat berbeda dengan FGD, jika FGD menggunakan moderator maka LGD betul-betul peserta yang memegang kendali, asesor akan bertindak sebagai observer yang akan mengamati dan memberikan penilaian terkait performa kandidat saat proses LGD berlangsung.” Jelas Nanda Yunika.


 “Pengetahuan yang kalian dapatkan pada rangkaian webinar hari ini bukanlah suatu kekuatan, tapi pengetahuan yang kalian dapatkan akan menjadi kekuatan jika sudah kalian latih dan aplikasikan secara langsung,” ucap Nanda Yunika saat memberikan kata penutup pada sesi akhir kegiatan rangkaian webinar.


Kegiatan webinar series yang diadakan oleh Career Center UMBY dari pukul 09.30 hingga 15.00 WIB diikuti oleh 87 peserta. Peserta antusias dan aktif, baik dalam mengajukan pertanyaan, diskusi interaktif, serta proaktif saat pemateri memberi kesempatan peserta untuk melakukan simulasi.

PENERIMAAN MABA

Info PMB