DPM Fakultas Psikologi UMBY adakan Pelatihan Persidangan

Dalam rangka memberikan pengetahuan terkait tata cara persidangan untuk pemilihan pengurus dan pembuatan aturan organisasi kemahasiswaan, Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mengadakan pelatihan persidangan untuk para mahasiswa.


Kegiatan yang bertema “Mewujudkan mahasiswa yang berdaya dan berwawasan tinggi dalam upaya memahami mekanisme persidangan” ini merupakan salah satu wujud sinergi antar lembaga kemahasiswaan di lingkungan Fakultas Psikologi UMBY. Kegiatan ini juga merupakan bentuk komitmen DPMF untuk mendukung peningkatan kemampuan berorganisasi di kalangan mahasiswa.


Kegiatan pelatihan persidangan ini dilaksanakan pada Sabtu, 27 November 2021 secara daring melalui platform zoom  dan diikuti oleh lebih dari 70 peserta. Peserta pelatihan persidangan berasal dari beragam program studi yang ada di Fakultas Psikologi UMBY yaitu Program Studi S1 Psikologi, S2 Magister Psikologi, dan S2 Magister Psikologi Profesi UMBY. Narasumber dalam pelatihan persidangan adalah Muhammad Daffa Mahendra yang merupakan ketua umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) komisariat Psikologi UMBY.


Pada pelatihan persidangan tersebut, Daffa memaparkan mengenai teknik persidangan, aturan umum persidangan, proses pengambilan keputusan, dan beberapa materi penting lainnya. Dalam pelatihan ini juga diadakan simulasi pelatihan persidangan khususnya untuk pemilihan pengurus organisasi dan pembuatan aturan organisasi mahasiswa untuk mengimplementasikan materi yang sudah disampaikan.


Ketua DPMF Psikologi, menyatakan bahwa kegiatan ini mendapatkan respon positif dari peserta pelatihan persidangan. Dekan Fakultas Psikologi, UMBY, Reny Yuniasanti, S.Psi., M.Psi, Psikolog menyatakan bahwa pihak kampus sangat mendukung kegiatan kemahasiswaan ini untuk mendorong pengembangan softskills mahasiswa yang sangat berguna untuk menjalankan profesi dan peran di masyarakat di masa yang akan datang.