HMPS Sistem Informasi UMBY Adakan Webinar Kesehatan Mental

Kesehatan mental saat ini telah menjadi salah satu masalah kesehatan yang belum terselesaikan di masyarakat, terlebih di masa pandemi COVID-19, permasalahan kesehatan mental menjadi semakin berat untuk diselesaikan. Dampak dari COVID-19 ini tidak hanya pada kesehatan fisik saja, namun berdampak pada kesehatan mental. 


Self love atau mencintai diri sendiri merupakan hal yang harus dilakukan oleh siapapun termasuk pelajar. Self love sendiri merupakan apresiasi terhadap diri sendiri, penting untuk dilakukan karena manusia adalah makhluk yang dinamis karena bertumbuh baik secara fisik, psikologis, dan spiritual.


Menanggapi permasalahan tersebut, Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Sistem Informasi (SI) Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) dibawah pimpinan Kaprodi Sistem Informasi, Irfan Pratama, S.Kom., M.Eng. MCE, kembali mengadakan webinar mengenai Mental Health dengan tema “How to Say Goodbye to Overthinking And Say Hello to Love Yourself to be Confident”. Minggu (28/11/2021)


Webinar ini diikuti kurang lebih 165 peserta dari Mahasiswa UMBY dan Mahasiswa Perguruan Tinggi (PT) lain dari berbagai wilayah. Webinar in menghadirkan pembicara yakni Noviar Rahmad Rizki Zulghan, M.Psi,. Psikolog., yang merupakan dosen di Program Studi Psikologi UMBY sekaligus aktif sebagai Associate, Psikolog Klinis Dewasa, Pendidikan dan Keluarga.


Acara dibuka oleh Bernica Azzahra selaku Master of Ceremony (MC), kemudian dilanjutkan dengan acara inti yang dipandu oleh Scholastica Larissa sebagai moderator.


Dalam pemaparannya Noviar Rahmad Rizki Zulghan, M.Psi,. Psikolog.,  menjelaskan, bahwa kesehatan itu bukan sekedar fisik saja.


“Ada kesehatan secara spiritual, secara ekonomi, secara sosial, dan psikologis. Jika aspek tersebut terpenuhi, maka bisa dikatakan sehat”, tuturnya


"Orang-orang overthinking mempunyai keyakinan kuat, padahal keyakinan yang dijalani belum tentu terjadi. Untuk merubahnya, kita harus merubah terlebih dahulu cara pandangan kita terhadap situasi tersebut, jika cara pandang terhadap situasi tersebut sudah berubah, maka secara otomatis keyakinan kita akan berubah, dan perilaku maupun  perasaan kita juga akan berubah,” tambah Noviar Rahmad Rizki Zulghan, M.Psi,. Psikolog.


Sementara itu salah satu peserta webinar, Revi Mariska menyampaikan, setelah mengikuti webinar ini, banyak mendapatkan ilmu-ilmu baru.


 


“Dulu saya merupakan orang yang overthinking dan insecure, setelah mengikuti webinar ini sangat lega dan mendapatkan solusi.” kata Revi.