Peduli kepada Sesama, Himatika UMBY Adakan Baksos

Kehidupan kampus di Yogyakarta mulai menunjukkan pergerakan yang positif, mahasiswa-mahasiswi dari luar daerah mulai berdatangan dengan mulai dibukanya perkuliahan tatap muka secara terbatas. Para mahasiswa bukan hanya hadir dalam kegiatan perkuliahan tetapi juga berkontribusi melalui gerakan himpunan mahasiswa.


Dibawah Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika (HIMATIKA) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), para mahasiswa melakukan kegiatan Bakti Sosial diseputaran wilayah Yogyakarta. Kegiatan yang dilakukan yaitu berbagi nasi bungkus dan air mineral di tempat-tempat peletakan makanan gratis. Kegiatan ini merupakan rancangan kegiatan Himatika UMBY pada Divisi Aksioma (Aksi Sosial Mahasiswa). Sabtu, (27/11/2021)


Harapan dilakukannya kegiatan ini adalah agar kita semua dapat tetap mengingat saudara-saudari kita yang kurang beruntung, yaitu teman-teman yang berjuang di jalan setiap hari, ditengah masa pandemi ini. Selain itu, melalui kegiatan ini ada sikap menghormati, toleransi, empati, dan tentunya keikhlasan untuk berbagi.


Nafida Hetty Marhaeni, S.Pd., M.Pd selaku dosen pendamping kegiatan ini menyampaikan bahwa tujuan kegiatan kami yaitu berbagi kepada sesama dengan memanfaatkan pertemuan dengan cara melakukan kegiatan yang bermanfaat selain tatap muka pembelajaran di kelas.


“Kami tidak mengharapkan imbalan apapun, tujuan kami hanya berbagi kepada sesama, selain itu selama masa pandemi ini kami belum pernah bertemu secara langsung dengan pada mahasiswa, maka ketika diberikan kelonggaran, kami memanfaatkan pertemuan dengan cara melakukan kegiatan yang bermanfaat selain tatap muka kegiatan pembelajaran di kelas,” ujar Nafida Hetty Marhaeni, S.Pd., M.Pd selaku dosen pendamping kegiatan ini.


Kegiatan ini dilakukan di empat titik yang ada di wilayah Yogyakarta. Daerah Jalan Godean diseberang jalan sebuah toko, daerah jalan Monjali diseberang toko kue, seputaran ring-road utara dekat dengan salah satu mall terbesar di Yogyakarta, dan Jalan Adisucpto diseberang salah satu hotel dekat bandara lama.


Lisa Septiani Wibowo selaku ketua divisi Aksioma Himatika UMBY menyampaikan bahwa kegiatan bakti sosial berjalan dengan lancar dan teman-teman mahasiswa sangat antusias dalam melakukan baksos ini.


“Alhamdullilah, kegiatan ini berjalan dengan lancar, dengan tidak turun hujan kami merasa bersyukur karena dapat meletakkan donasi kami dengan mudah. Teman-teman mahasiswa juga antusias melakukan kegiatan ini karena dapat bertemu secara langsung bersama teman lain dan juga mempererat kekeluargaan satu sama lain,” tambah Lisa Septiani Wibowo selaku ketua divisi Aksioma Himatika UMBY.


Melania Eva Wulanningtyas, S.Pd., M.Pd selaku Ketua Program Studi Pendidikan Matematika UMBY, menyampaikan dukungannya terhadap teman-teman Himatika UMBY atas kegiatan bakti sosial yang dilakukan karena mampu memberikan makna positif serta pengalaman sosial.


“Kami sangat mendukung kegiatan mahasiswa ini, meskipun sederhana tetapi semoga apa yang dilakukan teman-teman mahasiswa bisa memberikan sukacita dan kebahagiaan bagi mereka yang membutuhkan dan tentunya bisa memberikan makna positif serta pengalaman sosial bagi teman-teman mahasiswa.” Ungkap Melania Eva Wulanningtyas, S.Pd., M.Pd selaku Ketua Program Studi Pendidikan Matematika UMBY.