FIKOMM UMBY Gelar MERCOMMFEST 2021

Mercu Buana Communication Festival atau yang biasa disebut Mercommfest adalah kegiatan atau festival tahunan yang rutin dilaksanakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Komunikasi dan Multimedia (FIKOMM) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY). Acara ini merupakan salah satu program kerja dari Divisi departemen Internal BEM Fikomm UMBY. Tujuan diadakannya Mercommfest 2021 ini adalah untuk menambah wawasann para peserta yang mengikuti kegiatan Mercommfest 2021.


Kegiatan Mercommfest 2021 dilaksanakan pada (Selasa, 23/11/2021) secara online mulai pukul 09.00 WIB hingga 14.00 WIB. Acara ini dihadiri oleh Dosen-dosen Fakultas Ilmu Komunikasi dan Multimedia (FIKOMM) UMBY, Didik Haryadi Santoso, S.Kom.I.,M.A, selaku Dekan FIKOMM UMBY, perwakilan dari Lembaga Kemahasiswaan yaitu HMPS dan DPM, peserta webinar dan peserta lomba baik itu dari ruang lingkup UMBY maupun universitas lainnya.


Dalam kegiatan Mercommfest ini diawali sambutan dari Dekan FIKOMM UMBY yaitu Bapak Didik Haryadi Santoso., S. Kom.I., M.A. Dalam sambutannya menyampaikan bahwa soal kompetensi bahwa IPK dan ijazah memang penting namun tidak jadi nomor satu.


“Yang menjadi hal utama adalah kompetensi yaitu apa yang kita kerjakan yang mana dari situlah orang-orang akan mengenal kita. Dan jangan pernah merasa puas karena kita harus terus meningkatkan kopetensi, kreatifitas dan skill agar tidak kalah saing dengan orang lain,” tuturnya.


Kemudian dilanjutkan oleh sambutan dari Ketua Pelaksana acara Mercommfest 2021 yaitu Devilia Putri Benaya, dan sambutan dari Ketua BEM Fikomm UMBY yaitu Muhammad Rhiyu Whirdatama.


Panitia yang terlibat dalam acara Mercommfest 2021 ini adalah seluruh anggota kepengurusan BEM FIKOMM UMBY dan juga sebagian mahasiswa Fikomm UMBY yang sebelumnya sudah mendaftarkan diri dan sudah melewati tahap seleksi untuk menjadi bagian dari panitia Mercommfest 2021.


Webinar pada acara ini mengusung tema “Creating Personal Branding On Social Media” yang menghadirkan narsumber Esther Natalia Dominiq Lubis, CEO & Founder of Produktifkuy, Social Media Officer at PT Indosat, dan Manager Tiktok Talents at Akademis..id. Dalam webinar ini dijelaskan bahwa untuk membangun suatu personal branding salah satunya dengan cara produktif membuat suatu karya yang nantinya bisa dilihat dan dinikmati oleh orang lain. Yang mana nantinya dari karya tersebut orang-orang akan menilai bagaimana kualitas diri kita.


Setelah webinar dipaparkan dan sesi tanya jawab berlangsung selama kurang lebih 2 jam, acara ini dilanjutkan oleh pengumuman perlombaan yang juga termasuk dalam acara Mercommfest 2021. Diantaranya lomba News Anchor, Photography, Poster, Short Movie, dan Duta FIKOMM. Kemudian sebagai penutup sekaligus penghibur, Mercommfest 2021 menghadirkan guest star yaitu Adlani Rambe sebagai penghibur. Adlani Rambe mengisi acara Mercommfest dengan beberapa lagu yang juga di request oleh para peserta dalam kegiatan Mercommfest 2021.


Harapannya, kegiatan Mercommfest 2021 ini bisa menjadi festival tahunan yang bisa digelar setiap tahunnya dan lebih meriah dengan menghadirkan narasumber yang berkompeten, perlombaan yang bisa mengasah kompetensi peserta, dan guest star yang menghibur para peserta.

PENERIMAAN MABA

Info PMB