HMPS FIKOMM UMBY Gelar Communication Days 2021

Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Fakultas Ilmu Komunikasi dan Multimedia (FIKOMM) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) merupakan salah satu sarana kegiatan mahasiswa yang mewadahi berbagai macam aspirasi dan kreatifitas mahasiswa di bidang akademik maupun non akademik serta menyalurkan minat dan bakat mahasiswa FIKOMM. Dalam memperingati hari komunikasi, HMPS FIKOMM UMBY kembali menyelenggarakan kegiatan Acara Tahunan Communication Days 2021, dengan mengangkat tema Diversity Communication dan mengadakan lomba-lomba sesuai dengan tema.


Rangkaian acara dimulai dengan perlombaan yang sesuai dengan bidang studi masing-masing. Hal tersebut berguna untuk mendapatkan mahasiswa yang mempunyai prestasi sesuai dengan keahliannya, serta meningkatkan percaya diri mahasiswa. Kemudian, diikuti dengan apresiasi mahasiswa yang sudah mengikuti lomba serta diadakan Webinar untuk mahasiswa FIKOMM. Webinar tersebut bertujuan memberikan pemahaman lebih lanjut untuk mahasiswa FIKOMM pada bidang ilmu komunikasi.


Acara dibuka secara langsung oleh MC yang kemudian dilanjutkan sambutan oleh Bapak Didik Haryadi Santoso, S.Kom.I.,M.A selaku Dekan Fikomm UMBY, menyampaikan bahwa Communication day ini memang tujuannya dirancang untuk mengasah kompetensi dan kreatifitas.


“komptensi, kreatifitas ini tidak hanya bisa didapatkan didalam kelas dan  didalam kampus, bahkan didalam kompetisi-kompetisi nasional bisa kita dapatkan,” Tuturnya.


Kemudian sambutan dilanjutkan oleh Rani Dwi Lestari, S.Sos.,M.A selaku Kaprodi FIKOMM, sambutan Dosen-dosen FIKOMM, serta Ketua Pelaksana Commday 2021. Minggu, (21/10/2021)


Acara Commday 2021 dilaksanakan dalam 2 (dua) bentuk, pertama, transfer ilmu pengetahuan melalui “Webinar” yang diikuti oleh 232 peserta dengan tema yang disesuaikan dengan tema besar mengenai “Diversity Communication” yang diselenggarakan dalam dua sesi. Sesi pertama, yaitu bertema “Komunikasi Lintas Budaya” dengan narasumber M. Raihan Murtadho Irwan. Kemudian webinar sesi kedua bertemakan “How to be a Good Communicator” dengan narasumber Christy Raina, B.A.Comm.


Pada webinar sesi pertama yang disampaikan oleh narasumber, M. Raihan Murtadho Irwan, yaitu mahasiswa Universitas Gadjah Mada jurusan Public Policy and Management yang merupakan mahasiswa student exchange UGM di University of Leeds. Dalam webinarnya, ia menyampaikan materi tentang “Culture Shock dan Perbedaan Budaya”.


“Karena banyak beberapa dari temen aku exited dan berpikir apabila sampai di sana (diluar negeri) akan jalan-jalan dan berkeliling. Namun setelah sampai disana, mereka hanya berada di kamar dan berkumpul dengan orang-orang itu saja. Dan pada akhirnya mereka tidak mendapatkan experience atau pengalaman saat student exchange. Hal itu terjadi karena ada yang namanya ‘culture shock’ yaitu perasaan disorientasi yang dialami seseorang ketika mengunjungi suatu Negara dengan norma dan tradisi yang berbeda dengan Negara lain yang akhirnya membuat kita jadi ‘home sick’ dan mental menjadi buruk sehingga mempengaruhi kehidupan kita,” jelasnya.


Kemudian pada sesi kedua yang disampaikan oleh Christy Raina, B.A.Comm, yaitu salah satu Content Creator, Beauty Influencer, Miss Internet Indonesia 2019, Mojang Jawa Barat 2019, dan Alumni Mahasiswa Ilmu Komunikasi President University. Dalam Webinarnya, ia menyampaikan materi yang bertemakan “How to be a Good Communicator”. Christy Raina mengungkapkan “aku percaya bahwa ‘communication is not a thing. It is everything!’ karena setiap hari kita selalu berkomunikasi. Ketika tidak ada seorang pun kita dapat melakukan komunikasi yang dinamakan interpersonal communication yang kita mengobrol dengan diri sendiri.”. Christy Raina juga menjelaskan secara mendetail bagaimana cara menciptakan personal branding apabila audience ingin menjadi seorang konten creator.  Kemudian ia juga sharing tentang bagaimana menghadapi ketika mendapatkan ‘hate comment’ dari oranglain ketika mengupload sebuah konten di sosial medianya.


Bentuk kegiatan Commday yang kedua adalah “Diversity Competition” yang diselenggarakan untuk mewadahi dan mengasah kemampuan mahasiswa. Dalam Diversity Competition ada 4 perlombaan yang diselenggarakan yaitu Photography Competition, Desain Poster Competition, Public Speaking Competition, Voice Over Competition. Adapun karya-karya lomba yang sudah terkumpul akan diumumkan pemenang juaranya pada puncak acara Communication Days2021.

PENERIMAAN MABA

Info PMB