MoA UMBY dengan UPN Veteran Jawa Timur Kerjasama Program MBKM

Dalam menghadapi tantangan kemajuan zaman yang semakin cepat maka diperlukan lulusan yang berkualitas serta lebih adaptif. Untuk meningkatkan kualitas dan relevansi lulusan perguruan tinggi, kemendikbud telah meluncurkan Program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Dalam pelaksanaan Program MBKM, perguruan tinggi dituntut mampu bersinergi dan berkolaborasi antar universitas dan antara universitas dengan stake holder.


Menyadari hal itu, Program Studi Teknologi Pangan Fakultas Agroindustri Universitas Mercu Buana Yogyakarta dan   Fakultas Teknik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur memulai kegiatan bersama dalam bidang tri dharma perguruan tinggi untuk pengembangan Program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka yang meliputi pertukaran dosen dan mahasiswa, pengembangan riset dan pengabdian masyarakat melalui penyelenggaraan kolaborasi riset dan pengabdian masyarakat serta diseminasi riset, serta pengembangan sumber daya manusia. Kesepakatan Kerjasama tersebut telah dituangkan dalam naskah perjanjian kerja sama (MoA) yang ditandatangani pada Kamis, 25 November 2021.


Dekan Fakultas Agroindustri Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Ir. Warmanti Mildaryani, M.P sangat mengapresiasi langkah yang telah diprakarsai oleh kedua Program Studi, harapannya kerjasama tersebut dapat meningkatkan implementasi program MBKM di Fakultas Agroindustri UMBY sehingga dapat mendukung ketercapaian indikator kinerja utama perguruan tinggi sesuai dengan Keputusan Mendikbud no: 754/P/2020. Hal senada disampaikan pula oleh Dr. Dra. Jariyah, M.P. Dekan Fakultas Teknik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur.


Lebih lanjut disepakati kegiatan yang dapat dilakukan bersama adalah pertukaran serta pengembangan tenaga pendidik, termasuk pertukaran mahasiswa; pelaksanaan seminar, workshop, dan/atau kuliah umum bagi mahasiswa dan dosen; pelaksanaan penelitian bersama yang melibatkan dosen dan/atau mahasiswa; diseminasi dan/atau penerbitan hasil penelitian bersama pada jurnal lokal, nasional dan/atau internasional, penyuluhan kepada masyarakat, dan Bakti sosial. 


Ketua Program Studi Teknologi pangan UMBY, Prof. Dr. Ir. Dwiyati Pujimulyasi, MP menyatakan bahwa Program Studi Teknologi Pangan UMBY yang telah terakreditasi A oleh BANPT siap untuk berkolaborasi dengan Perguruan tinggi lain maupun dengan industri pangan dan institusi pemerintah untuk saling menguatkan dalam pengembangan sumber daya manusia untuk pengembangan industri dan UMKM pangan.


Lebih lanjut dinyatakan dengan kualitas sumber daya yang ada Program Studi Teknologi Pangan UMBY yang saat ini telah banyak mengembangkan pangan fungsional berbasis pangan lokal sehingga siap berkolaborasi untuk mengembangkan pangan yang aman dan sehat.