FKIP UMBY Adakan MoA dengan 34 Mitra MBKM

Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan (FKIP), Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) pada hari Senin, 22 November 2021 melaksanakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan mendandatangani Memorandum of Agreement (MoA) dengan 34 mitra MBKM.


Program yang telah diluncurkan oleh Nadiem Anwar Makarim sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2020 lalu ini ditujukan untuk menyiapkan lulusan pendidikan tinggi yang tangguh dalam menghadapi perubahan baik perubahan sosial, budaya, dunia kerja, dan teknologi seperti yang tercantum dalam aturan mengenai Program MBKM dalam Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi Pasal 18.


Penandatanganan MoA tersebut dihadiri oleh 34 mitra yang terdiri dari berbagai sekolah, institusi dan perusahaan yang akan berkolaborasi kedepan dalam mengimplemetasikan program-program MBKM. Implementasi MBKM FKIP UMBY diharapkan secara langsung dapatmeningkatkan hubungan dan kesesuaian antara kebutuhan dunia usaha dan dunia industri, sekaligus menyiapkan mahasiswa memasuki dunia kerja lebih awal sehingga dapat memangkas masa tunggu mahasiswa dalam memperoleh pekerjaan.


Dekan FKIP UMBY, Nuryadi S.Pd.Si., M.Pd mengungkapkan bahwa MoA antara FKIP UMBY dengan 34 Mitra merupakan komitmen kita dalam menjalankan kegiatan atau aktivitas Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Aktivitas-aktivitas MBKM tentu sangat mendukung kompetensi siswa baik secara teori maupun praktik. Hal ini sangat perlu dikarenakan kesiapan mahasiswa dalam menghadapi era society 5.0 dengan perlu ditatanya karakter, inovasi dan teknologi sejak dini.


“FKIP UMBY dengan Mitra sepenuhnya akan berkolaborasi dalam pembentukan kompetensi sesuai bidang keahlian yang diharapkan dengan Mitra dan profil lulusan sesuai yang dicanangkan setiap program studi.” Tutur Nuryadi S.Pd.Si., M.Pd


FKIP UMBY beserta prodi-prodinya seperti prodi Pendidikan matematika, Pendidikan bahasa Inggris, Bimbingan dan Konseling serta Ilmu Keolahragaan akan bersama-sama dengan masing-masing mitra untuk mengawal pengalaman kontekstual lapangan di kegiatan MBKM tersebut  demi meningkatkan kompetensi mahasiswa secara utuh dan siap kerja.