Peternakan UMBY Melaksanakan Joint Community Service dengan UPSI Malaysia dan BAPPEDA Magelang

Beberapa hari yang lalu tim pengabdian kepada masyarakat (PKM) Prodi Peternakan Fakultas Agroindustri UniversitasMercu Buana Yogyakarta (UMBY) bekerjasama dengan University Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia dan BAPPEDA Kabupaten Magelang untuk melaksanakan pemberdayaan masyarakat khususnya kelompok wanita tani (KWT) di Dusun Dayugo, Desa Banyusidi Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang Provinsi Jawa Tengah. Tim PKM Prodi Peternakan UMBY terdiri dari Ir Setyo Utomo, MP  (ketua), Ir Nur Rasminati, MP,  Ir Ajat Sudrajat, SPt., MPt., IPP dan drh A Mamilisti Susiati, MP, sedangkan tim dari UPSI Malaysia adalah Dr Fazhana dan Dr Norlia.


Program pemberdayaan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, Wawasan dan keterampilan kelompok wanita tani dalam budidaya ayam kampung dan bisnis ayam kampung. Acara tersebut bertempat di rumah ketua kelompok wanita tani. Pada acara tersebut turut hadir perwakilan dari BAPPEDA Kab. Magelang.


Acara tersebut dilakukan secara daring dan luring dimulai dari acara pembukaan. Kemudian penyampaian kata sambutan baik dari Tim PKM Prodi Peternakan, BAPPEDA Kabupaten Magelang, tim PKM UPSI MALAYSIA dan Ketua KWT. Acara selanjutnya adalah sosialisasi mengenai cara dan teknik budidaya serta strategi pemasaran ayam kampung, pencegahan dan pengobatan yang disebabkan oleh penyakit pada ayam kampung dan cara pencatatan atau recording produksi yang disampaikan oleh tim PKM Prodi Peternakan UMBY, tim PKM UPSI Malaysia dan disesi terakhir adalah pemberian bantuan induk ayam kampung yang diserahkan secara simbolis oleh perwakilan BAPPEDA Kabupaten Magelang dan perwakilan Tim PKM Prodi Peternakan UMBY.


 Perwakilan dari BAPPEDA Kabupaten Magelang menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada tim PKM Prodi Peternakan UMBY yang sejak lama menjaga silaturahmi dan kerjasama yang baik untuk melakukan pengabdian masyarakat   Magelang serta kami ucapkan terima kasih juga untuk UPSI Malaysia yang telah berkenan untuk bekerjasama dalam pemberdayaan masyarakat di tempat kami. Dengan adanya kerjasama ini sangat membantu program pemerintah khususnya program Bupati Magelang dalam pemberdayaan masyarakat yang salah satunya adalah pemberdayaan bidang pertanian/peternakan. Selain itu dengan semangat belajar dan kekompakan KWT ini diharapkan dapat menjadi lapangan kerja baru dan tambahan penghasilan bagi warga Kab. Magelang khususnya di Dusun Dayugo, Desa Banyusidi Kecamatan Pakis, sekali lagi kami mengucapkan terima kasih.


Ketua TIM PKM Prodi Peternakan UMBY Ir Setyo Utomo, MP meyampaikan bahwa kegiatan PKM ini merupakan penyampaian informasi terkait pengembangan dan penerapan teknologi budidaya ayam kampung yang ada di Indonesia dan Malaysia serta kami berharap setelah diadakannya kegiatan joint community service ini masyarakat dapat terinspirasi serta termotivasi dalam pengembangan ayam kampung. Selain itu kami berharap ini dapat berkembang dan dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat, karena apabila dikembangkan dengan manajemen dan komitmen yang baik maka dapat menjadi usaha utama yang dapat memberikan penghasilan yang luar biasa, mengingat pasar ayam kampung dan kebutuhan dagingnya masih sangat tinggi.


Dr Fazhana yang merupakan tim leader dari tim PKM UPSI Malaysia mengatakan bahwa kami sangat bersyukur dan berterima kasih dapat melakukan kerjasama atau joint comunity service dengan UMBY dan Bappeda  Magelang. Dengan adanya kerjasama ini kami dapat bersilaturahmi dan menambah saudara serta mendapatkan kolega baru dalam mengamalkan ilmu dan teknologi baik di Malaysia dan Indonesia, karena kita serumpun maka dengan adanya kegiatan ini akan menambah erat silaturahmi dan kekeluargaan kita, semoga kita semua dapat sukses maju jaya untuk peternakan di Malaysia dan Indonesia.


Ketua KWT Dusun Dayugo ibu Murti mengatakan bahwa KWT sangat bersyukur karena terpilih sebagai lokasi dan percontohan untuk pengembangan ayam kampung di Desa Banyusidi. Selain itu kami sangat bersyukur karena dapat ilmu dan pengetahuan baru serta mendapat bantuan induk ayam untuk kami usahakan sebagai tambahan penghasilan, semoga kerjasama yang baik ini dapat terus dilakukan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat disini khususnya kelompok wanita tani.