Workshop Sepasar.id Edukasi Online Bagi Pedagang Pasar

Bertempat di Hotel Citra Dream Yogyakarta, tanggal 02 Oktober 2021 lalu telah dilaksanakan workshop oleh tim Sepasar.id yang melibatkan beberapa paguyuban pasar tradisional, organisasi usaha pasar desa, dan beberapa volunteer yang ikut menjadi relawan dan tenaga pengajar di Sepasar.id. Ada paguyuban dari Pasar Sambilegi, Pasar Condong Catur, dan Pasar Serangan yang ikut bergabung dalam workshop hari itu. 


 


Workshop Sepasar.id dengan sistem diskusi itu berjalan dengan baik, dipandu oleh narasumber dari paguyuban Pasar Sambilegi, yang sudah lebih dahulu menggunakan aplikasi Sepasar.id. Melalui workshop ini memperkenalkan berbagai fitur dan layanan yang dapat digunakan di aplikasi Sepasar.id. 


 


Workshop Sepasar.id ini diselenggarakan dengan tujuan memperkenalkan dan memperdalam lagi kegunaan berbagai fitur yang dapat dijumpai di aplikasi edukasi Sepasar.id. Aplikasi tidak berbayar ini ditargetkan dapat digunakan oleh seluruh pedagang dan pengelola pasar tradisional di seluruh Indonesia. Sehingga harapannya dapat menyelesaikan permasalahan sosial yang terjadi belekangan ini, seperti kurangnya pendidikan dan literasi yang dibutuhkan oleh para pedagang dan pengelola pasar tradisional untuk mengembangkan usaha mereka yang menyebabkan banyaknya ketertinggalan. 


 


Dikembangkan dari Program Penelitian Terapan Universitas Mercu Buana Yogyakarta dan diketuai oleh Bp. Awan Sentosa, S.E., M.S.c, aplikasi Sepasar.id awalnya dikenalkan di salah satu pasar tradisional di Yogyakarta, Pasar Sambilegi, yang kemudian berkembang semakin meluas ke 13 pasar tradisional lainnya di wilayah Sleman dan Yogyakarta. Diharapkan, dengan semakin banyaknya jumlah relawan yang bergabung didalam Sepasar.id, aplikasi edukasi ini dapat semakin meluas di seluruh pasar tradisional di Indonesia, yang akhirnya dapat membawa dampak baik dalam bidang sosial, yaitu tercukupinya kebutuhan literasi pedagang dan pengelola pasar tradisional dalam memajukan dan mengembangkan usahanya, peningkatan taraf ekonomi dan peningkatan kesejahteraan hidup masyarakat Indonesia.