Himatepa Adakan Sharing Session

Himpunan Mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian (Himatepa) UMBY menggelar Sharing Session sekaligus Makrab yang dilaksanakan secara daring pada Minggu (17/10/2021). Acara ini bertema “Keterikatan antar Keluarga THP, Sambungkan Kebersamaan Raih Impian Menuju Masa Depan” mengundang dua pembicara yakni Ichlasia Ainul Fitri, S.TP. M.Sc., dosen THP UMBY dan Habibi, S.TP., alumni THP sekaligus Ketua Himpunan Mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian periode 2017/2018.


Acara ini dibuka oleh MC, Syahrul Saeroji, dilanjutkan sambutan dari Ketua Himatepa, Devi Fitri Astuti dan juga sambutan dari Kaprodi Teknologi Hasil Pertanian yang diwakilkan oleh Dr. Ch. Lilis Suryani, S.TP. M.P. dan dilanjutkan inti acara oleh moderator, Aloysia Louis Santoso.


”Kegiatan positif ini bisa menumbuhkan motivasi kepada mahasiswa dan bisa mengimplementasikan pepatah Asah, Asih, Asuh. Asah, saling memberikan pembelajaran, saling memberi koreksi, saran, dan masukan. Asih, saling mengasihi, menyayangi, mencintai, menghargai, dan menghormati. Asuh, saling memelihara, memperhatikan, saling menjaga, dan saling bantu-membantu,” terang Ch Lilis.


Musuh terbesar adalah diri sendiri oleh karena itu harus mampu mengendalikan diri sendiri untuk tetap bisa bersosialisasi dengan orang lain. Hal itu akan mempengaruhi kehidupan sehari-hari, karena manusia tercipata sebagai makhluk social yang membutuhkan orang lain. Oleh karena itu perlu menjalin hubungan baik dengan siapa saja untuk menumbuhkan relasi yang berpengaruh terhadap masa depan. “Saat ini jalin lah komunikasi dengan siapa saja, tak perlu membeda-bedakan karena hal itu akan bermanfaat untuk masa depan, networking,” jelas Ichlasia.


Sedangkan Habibi membahas kaitannya hubungan ikatan dalam sebuah organisasi dan masa depan. Materi yang disampaikan oleh kedua materi sangat bermanfaat dan menumbuhkan motivasi kepada mahasiswa THP terutama untuk mahasiswa baru agar dapat menyesuaikan diri di lingkungan kampus.


Sharing Session dan Makrab merupakan kegiatan Himatepa yang diadakan rutin dan dihadiri oleh 90 peserta dari mahasiswa prodi THP dari angkatan 2020 dan 2021. Acara ini diakhiri dengan penampilan video terbaik dengan tema “Kebersamaan Antar Keluarga THP” dan sesi foto bersama.