FTI UMBY Webinar Sharing Experience With ICT Project Manager

Untuk lebih memahami tanggung jawab dan peran dari (project manager) PM secara real case di dunia IT, maka Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), mengadakan webinar series bertemakan “Sharing Experience With ICT Project Manager” dengan narasumber Waskito Zamani, Senior Project Manager (PT. Solusi Kampus Indonesia).


Webinar diikuti lebih dari 200 peserta melalui Zoom dan Youtube, yang terdiri dari mahasiswa UMBY, mahasiswa perguruan tinggi lain, dan masyarakat umum ini dilaksanakan secara daring, Sabtu (16/10/2021).


Acara Webinar dilaksanakan dari pukul 09.00 sampai 11.00 WIB, dibawakan oleh Master of Ceremony (MC), Haya Azzura Rasya, dilanjut dengan sambutan Wakil Dekan Putri Taqwa Prasetyaningrum, S.T., M.T., MCE. “Saya berharap dengan mengikuti webinar ini secara sungguh-sungguh, teman-teman mendapatkan materi yang ‘fresh’ dan ‘insightful’ tentang Sharing Experience With ICT  Project Manager” tutur Putri.


Pada kesempatan webinar ini dimoderatori oleh Dosen Prodi Informatika FTI, Imam Suharjo, S.T., M.Eng. Dalam pemaparannya, Waskito Zamani menjelaskan mengenai keuntungan menjadi project manager (PM), fase project management, dan sharing pengalaman. “Beberapa keuntungan yang diperoleh setelah menjadi PM, antara lain dapat menjalin komunikasi dan relasi untuk mengembangkan komunitas, dapat pengalaman baru karena tidak ada proyek yang sama persis, dan pengetahuan yang bisa dipetakan,” jelas Waskito. “Setiap fase dalam project management seperti inisiasi, planning, eksekusi, dan closing masing-masing memiliki peranan penting dan harus diperhatikan,” imbuhnya lagi.


Closing yang baik adalah closing bisa membuat project jadi repeat order (berulang),  disini jiwa entrepreneur juga wajib dimiliki oleh seprang PM.


“Dalam project yang perlu diperhatikan tidak hanya hal teknis, namun juga perlu skill lain seperti manajemen, dan kemampuan berkomunikasi. Sebagai calon PM kita dituntut banyak mengerti, karena harus bisa menjelaskan atau berperan sebagai konsultan bagi client, misal terkait regulasi dan aturan baru.” tutup Imam mengakhiri sesi webinar.


“Dengan mengikuti webinar ini, saya jadi lebih memahami pentingnya peran dan tanggung jawab seorang PM, karena kasus yang diberikan benar-benar real case di industri IT, terutama project management” ungkap Angga Radlisa Samsudin salah satu peserta webinar.