Prodi BK UMBY Kolaborasi Pengabdian Masyarakat dengan University Kebangsaan Malaysia

Prodi BK UMBY semakin mengepakkan sayap dengan menjalin kolaborasi intensif sebagai upaya implementasi tri dharma perguruan tinggi baik secara nasional maupun internasional. Seperti agenda terakhir yang baru saja terselenggara pada Kamis, 9 September 2021 Prodi BK sukses menggandeng UKM (University Kebangsaan Malaysia) untuk menyelenggarakan workshop internasional.  Workshop tersebut mengangkat topik yang relevan dengan keadaan saat ini yaitu Psychoeducation to Reduce Student’s Academic Stress. Kegiatan ini terselenggara secara virtual dan diikuti oleh Bapak/Ibu praktisi, dosen, serta pemerhati pendidikan di seluruh Indonesia.


Kegiatan ini dibuka langsung oleh Rektor Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Dr. Alimatus Sahrah, M.Si.MM.  Dalam sambutannya, disampaikan bahwa prodi BK UMBY menjadi salah satu prodi kebanggaan yang diharapkan nantinya akan leading untuk turut berkontribusi dalam pendidikan di Indonesia.  Turut membuka kegiatan juga pihak dari UKM, yang diwakili oleh Dr. Muhammed Yusoff Bin Mohd Nor. Dalam sambutannya beliau berharap agar kerjasama dengan prodi BK UMBY dapat berlanjut dan bersama-sama menyusun kegiatan bersama yang  membawa manfaat dan berkah untuk sesama.


Workhsop internasional ini diisi oleh 5 pemateri utama, yakni Prof. Madya Dr. Salleh Amat dari University Kebangsaan Malaysia dan 4 pemateri dari Prodi BK UMBY.  Melalui paparannya, dosen di UKM tersebut menyampaikan keprihatinan dan pentingnya mewaspadai stress akademik yang dihadapi murid-murid apalagi saat pembelajaran dari rumah seperti sekarang ini.  banyak tantangan yang harus dihadapi siswa dan guru untuk tetap menyelenggarakan pembelajaran terbaik.  Jadi tidak hanya murid yang mengalami stress, tetapi pendidik dan orangtua bisa juga mengalami stress.  Dosen  Prodi BK UMBY yang terlibat mengisi kegiatan tersebut diantaranya, Luky Kurniawan, M.Pd, Palasara Brahmani Laras, M.Pd, Eka Aryani, M.Pd., dan Natri Sutanti, M.A. Menurut ketua tim pengabdian masyarakat, Palasara Brahmani Laras, M.Pd kegiatan ini tidak lain sebagai wujud kontribusi Prodi BK UMBY untuk masyarakat.  Lebih lanjut, Kaprodi BK UMBY, Luky Kurniawan, M.Pd. turut menyampaikan bahwa kedepan prodi BK tidak hanya memiliki komitmen untuk bermanfaat bagi masyarakat tetapi ingin turut serta dalam membangun pendidikan di Indonesia secara lebih luas lagi.