Penyambutan Mahasiswa Baru Prodi BK UMBY

Himpunan Mahasiswa Bimbingan dan Konseling (HIMABIKO), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mercu Buana Yogyakarta sukses menyelenggarakan PKKMB (Program Pengenalan Kampus untuk Mahasiswa Baru) di tingkat program studi, pada Jumat, 10 September 2021.  Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa baru bimbingan dan konseling dengan mengambil tema penting terkait “peran mahasiswa sebagai agen perubahan”.


Sri Melati Pasaribu, Ketua HIMABIKO UMBY dalam laporannya menjelaskan bahwa kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa baru.  Selain itu, sebagai upaya menyambung silaturahmi dan keakraban dilingkungan mahasiswa BK, diundang pula kakak-kakak kelas yang berprestasi baik akademik maupun nonakademik untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan dan berbagai pengalaman kehidupan kampus dengan para mahasiswa baru.  Untuk lebih mengenal mengenai dinamika kampus, Wakil Ketua HIMABIKO, Kunti Mualima turut memberikan paparannya dengan lebih mendalam soal life at Prodi BK UMBY.


Ketua Program Studi Bimbingan dan Konseling, Luky Kurniawan, M.Pd. turut menyatakan apresiasinya atas terselenggaranya kegiatan ini.  harapannya tidak hanya memunculkan kesadaran baru mengenai makna dan pentingnya peran mahasiswa tetapi juga muncul empati sosial mahasiswa.  Tumbuhnya empati sosial ini harapannya turut mewujudkan kesadaran akan peran sosial, dan lebih dari pada itu juga memunculkan kesadaran menjadi warga negara yang baik dan cinta tanah air dengan peran-peran strategis yang dapat diambil mahasiswa. “terakhir, saya mengapresiasi kegiatan mahasiswa ini, harapannya diskusi dan mahasiswa menjadi dua hal yang tak terpisahkan sehingga turut membangun iklim akademik yang positif di lingkungan Prodi BK UMBY’.


Kegiatan pengenalan kampus ini menghadirkan pemateri dan pembicara nasional Hanif M. Ibrahim founder dari BUMI Scholar Foundation.  Dalam pemaparannya, beliau menjelaskan mengenai pentingnya menjadi dampak dan manfaat bagi diri sendiri maupun untuk sekitarnya melalui aksi nyata yang dapat diambil oleh mahasiswa. “Saya yakin bahwa Indonesia akan  bangkit dan maju, jika setiap dari kita mengambil peran nyata untuk Indonesia,’’ tuturnya.  Selain menghadirkan pemateri tamu dari luar kampus, kegiatan ini juga diisi oleh dosen prodi BK UMBY Natri Sutanti, M.A. & Ruly Ningsih, M.Pd. untuk memberikan gambaran kehidupan mahasiswa di Prodi BK UMBY.  Selain memberi penguatan motivasi pengembangan diri di prodi BK UMBY, dalam kesempatan tersebut tidak lupa juga dikampanyekan pentingnya menjaga kesehatan mental selama studi.  Apalagi saat ini dihadapkan pada situasi pandemi. Your mental health first!  (RN).