Joint Research UMBY dan Universiti Malaysia Kelantan

Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) dan Universiti Malaysia Kelantan (UMK) menggelar discussion on joint research, yang membahas diskusi tentang status of collaboration dan MoU document. Pertemuan ini diselenggarakan secara online via google meet, pukul 13.30 – 15.00 WIB. Senin, (02/08/2021)


Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) dan Universiti Malaysia Kelantan (UMK) menjalin kolaborasi riset dengan dua project yang sudah disetujui kedua belah pihak. Kedua Project tersebut yaitu, For project Entilted “Entrepreneurship Education, Personal Values and Entrepreneurship Intensity Between Malaysia and Indonesia” dan “Digital Entrepeneur intention, Subjective Well Being, Resiliensi, Personality Traits and Service Quality”.


Pertemuan online ini dihadiri oleh Rektor UMBY yaitu Dr. Alimatus Sahrah, M.Si., M.M, Awan Santosa, S.E., MSc, Daniel Ari Widhiatama, S.Pd., M.Hum, Dr. Ir. Sundari, M.P, dan Domnina Rani Rengganis, M.Psi Psikolog, dan dari Universiti Malaysia Kelantan (UMK) dihadiri oleh Prof. Ts. Dr. Arham bin Abdullah - Deputy Vice – Chancellor (Research and Innovation) UMK, Dr. Norzalizah Binti Bahari, Dr. P Yukthamarani A/P, Dr. Shah Iskandar Fahmie, En. Muhmmad Mubarak, Pn. Nurhayati binti Ahmad, Prof. Madya Dr. Noorshella, dan Prof. Dr. Roselina Ahmad Saufi.


Rektor UMBY, Dr. Alimatus Sahrah, M.Si., M.M, dalam sambutannya menyampaikan bahwa untuk di Indonesia, ada Tridharma Perguruan Tinggi, yang harus dilakukan oleh universitas yaitu education, riset dan social empowerment. Sehingga social empowerment punya porsi yang sangat penting bagi kami, tidak hanya untuk dosen tetapi juga untuk mahasiswa, apalagi di UMBY termasuk ada pada visi kami adalah menjadi bermanfaat kepada masyarakat.


“Untuk kerjasama ini, kami sangat berharap bahwa kerjasama antara UMBY dan Universiti Malaysia Kelantan (UMK) bisa menjadi lebih erat lagi, dan mungkin kedepannya ada student exchange, seminar yang berbicara tentang mahasiswa dan lain sebagainya,” tutur Dr. Alimatus Sahrah, M.Si., M.M,


Awan Santosa, S.E., MSc, selaku Kepala P3MK UMBY menyampaikan bahwa dalam joint research ini muaranya tentu publikasi bersama sesuai dengan apa yang menjadi tujuan kita bersama. Semoga awalan yang baik ini bisa terus berlanjut.


“Ada di pendidikan, ada di riset, mudah-mudahan semoga tahun depan kita mulai lah untuk yang joint community service di pengabdian masyarakat bersama-sama antar dua universitas UMBY dan UMK,” tutur Awan Santosa, S.E., MSc.


Dari pihak UMK, Prof. Ts. Dr. Arham bin Abdullah (Deputy Vice – Chancellor (Research and Innovation) sangat mendukung proses kerjasama ini dengan melanjutkan ke tahap penyusunan MOA (Memorandum of Agreement) khususnya dalam penyelenggaraan Joint Research.


Prof Dr. Roselina Ahmad Saufi sebagai Dekan dari Fakultas Entrepreneurship dan Bisnis UMK menyampaikan bahwa nantinya UMBY bisa berpartisipasi dalam berbagai kegiatan dalam skala internasional bersama UMK seperti SWISS INNOVATION CHALLENGE 2021.