Career Center UMBY Selenggarakan Training Persiapan Magang

Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) merupakan bagian dari program-program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang saat ini memasuki Angkatan pertama. Terdapat ratusan perusahaan turut terlibat dan berkolaborasi dengan pemerintah untuk membuka kesempatan magang maupun studi independent bagi mahasiswa-mahasiswa terpilih. Hingga tanggal 31 Juli 2021 program magang dan studi independent bersertifikat masih membuka kesempatan bagi mahasiswa di seluruh Indonesia untuk mendaftar ke berbagai sektor pekerjaan, mulai dari BUMN hingga perusahaan start-up.


Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) menyambut baik program MBKM dengan memberi kesempatan dan memfasilitasi mahasiswa untuk mendaftar program Magang dan Studi Independen Bersertifikat dari MBKM. Terdapat rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Career Center UMBY pada bulan Juni dan Juli 2021 dalam rangka mendukung program tersebut. Pada tanggal 19 Juni 2021, Career Center UMBY mengundang Koordinator MBKM UMBY, bapak Ainurizan Ridho R., M.Psi., Psikolog untuk mengadakan “Sosialisasi Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat” melalui platform zoom. Tujuan diadakan sosialisasi adalah agar mahasiswa lebih mengenal program yang dicanangkan oleh pemerintah serta menjadi pintu pembuka bagi mahasiswa untuk melakukan eksplorasi lebih lanjut mengenai informasi program yang ditawarkan berikut kesempatan yang ada. Terdapat 70 peserta yang keseluruhannya merupakan mahasiswa UMBY yang tampak antusias dalam bertanya dalam kegiatan ini.


Pada tanggal 24 Juli 2021, Career Center UMBY Kembali mengadakan training kesiapan magang dan studi independent bersertifikat sebagai kelanjutan dari kegiatan pertama. Berlangsungnya acara Training persiapan magang merdeka dan Studi Independen yang diadakan oleh Career Center Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) pada tanggal 24 juli 2021 secara virtual tentu saja menghasilkan perubahan yang positif bagi mahasiswa.


Acara tersebut di isi oleh Nanda Yunika Wulandari., M.Psi.,Psikolog selaku tim Trainer Internship Preparation Microcredential Kemendikbud yang juga merupakan dosen dari fakultas Psikolog UMBY dan Alfin Kurnia Bahari yang merupakan salah satu mahasiswa yang lolos pada program Magang Merdeka di Binar Academy.


Kegiatan training yang diikuti oleh sekitar 50 mahasiswa UMBY dimulai dari sharing Session dari pemateri pertama (Alfin Kurnia Bahari) yang merupakan mahasiswa dari fakultas psikologi UMBY. Alfin menjelaskan secara detail mengenai Langkah-langkah mendaftar magang berikut pengalaman yang didapatkan saat mengikuti rangkaian proses seleksi magang.


Terdapat empat materi penting yang diisi oleh Nanda Yunika Wulandari., M.Psi.,Psikolog selaku pemateri kedua, yaitu terkait mengenal value diri dan organisasi, tips memilik peluang MSIB yang diminati dan relevan, bedah CV dan wawancara online.


Nanda Yunika Wulandari., M.Psi.,Psikolog menyampaikan bahwa Mahasiswa perlu mengambil kesempatan ini guna menunjang kesiapan mereka ketika berada di dunia kerja dan memudahkan mereka ketika melamar pekerjaan. Beberapa perusahaan yang menawarkan kesempatan magang memiliki persaingan hingga 1:700 namun ada pula perusahaan yang memiliki persaingan 1:2.


“Perlu strategi dalam memilik dan memutuskan lokasi magang sebelum melakukan pendaftaran. Mahasiswa dapat memiliki lebih dari satu lokasi magang saat pendaftaran, namun hanya boleh melakukan magang di 1 lokasi jika diterima nantinya,” Tutur Nanda Yunika Wulandari saat membuka sesi kedua.


Dalam kegiatan training, mahasiswa juga diinformasikan bahwa jangan sampai mahasiswa di terima di sebuah perusahaan namun tidak tahu apa-apa mengenai value perusahaan tersebut atau tidak maksimal secara performa, karena mahasiswa yang lolos magang juga merupakan perwakilan Universitas sekaligus sarana yang baik untuk branding diri di perusahaan tersebut sehingga sangat mungkin akan ada kesempatan untuk berkarier di perusahaan tersebut ketika lulus kelak.


Sesi training pada tanggal 24 Juli 2021 yang dimoderatori oleh Nanda Melania Dewi, yang merupakan tim magang Career Center UMBY sekaligus mahasiswa aktif di prodi Psikologi UMBY berlangsung interaktif. Pada sesi bedah CV, mahasiswa diajak untuk mengidentifikasi poin-poin penting yang harus ada pada sebuah CV.  Di sesi wawancara, diberi kesempatan untuk melakukan simulasi wawancara online dan saling memberi feedback antar peserta. Mahasiswa peserta kegiatan tampak antusias bertanya dari awal hingga akhir sesi dan mengganggap bahwa kegiatan tersebut berdampak positif bagi mereka.


“Semoga dengan berlangsungnya rangkaian kegiatan sosialisasi dan training, semakin banyak mahasiswa UMBY yang siap untuk mengikuti proses magang dan studi independent bersertifikat dengan yakin dan percaya diri saat mengikuti rangkaian seleksinya.” Ucap Nanda Melania saat menutup kegiatan.