Prodi Ilmu Keolahragaan UMBY dan UPSI Malaysia Gelar Webinar Internasional

Prodi Ilmu Keolahragaan Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mengadakan kerjasama antara Universitas Pendidikan Sultan Idris (UPSI) dari Malaysia serta KONI Bantul DIY. Kerjasama ini sebagai rangkaian kerjasama bertajuk Joint Community Service. Dalam kesempatan kali ini Prodi Ilmu Keolahragaan UMBY mengadakan kegiatan Webinar Internasional dengan tema “Penguatan Mental bertanding dalam rangka persiapan PORDA DIY”.


Adapun pemateri yang dihadirkan dalam acara ini yaitu Dr. Ali Md Nadzalan (UPSI Malaysia), Dr. Mohd Azrul Anuar Zolkafi (UPSI Malaysia), Domnina Rani P. Rengganis, S.Psi.,M.Si.,CHPR (UMBY), dan selaku moderator Dody Tri Iwandana, S.Pd.,M.Or.,AIFO (UMBY).


Peserta yang mengikuti kegiatan ini kurang lebih 140 peserta dari berbagai kalangan baik pelatih, atlit maupun para penggiat olahraga dan tokoh olahraga. Menurut Kaprodi Ilkor UMBY yang memprakarsai acara tersebut yaitu Ardhika Falaahudin, S.Pd,Jas.,M.Or.,AIFO-P beranggapan bahwa kepercayaan diri, dan disiplin dalam mengontrol pola hidup sangat dibutuhkan seorang atlet untuk meraih prestasi di tingkat yang lebih tinggi.


“Untuk dapat meningkatkan performa atau prestasi maksimal dalam olahraga tidak hanya dibutuhkan latihan fisik, teknik, taktik, dan strategi. Tetapi latihan mental juga memegang peranan penting untuk menghasilkan keadaan mental yang baik,” tutur Ardhika Falaahudin, S.Pd,Jas.,M.Or.,AIFO-P


Demikian juga dalam dunia olahraga, semua cabang olahraga melibatkan mental dan juga fisik. Kecemasan merupakan salah satu dari sekian banyak persoalan yang dihadapi atlet. Competitive anxiety (kecemasan bertanding) merupakan salah satu tipe kecemasan yangdalam beberapa tahun terakhir telah dipertimbangkan di bidang psikologi khususnya psikologi olahraga. Competitive anxiety merupakan perasaan khawatir, gelisah, dan tidak tenang dengan menganggap pertandingan sebagai sesuatu yang membahayakan. Maka dari itu perlu adanya sosialisasi atau pengenalan untuk mengatasi masalah mental bertanding ini. Strategi dan mental sangat diperlukan dalam menghadapi pertandingan. Persiapan mental yang tepat harus diberikan kepada Atlet. Karena mental berfungsi sebagai pendorong, pengontrol, pengendali dan memerintahkan untuk melakukan aktivitas motorik. Atlet yang memiliki mental yang baik diharapkan dapat meraih prestasi yang maksimal dalam kata lain memiliki ketangguhan mental (Mental toughness).


Dekan Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan (FKIP) UMBY Nuryadi, M.Pd dalam sambutannya mengatakan bahwa acara kerjasama seperti ini sangat penting untuk terus dilaksanakan apalagi kita selaku dosen selain mengajar juga ada kewajiban terkait penelitian dan pengabdian masyarakat, acara webinar seperti ini juga termasuk kewajibannya. Diharapkan semua dosen khususnya di FKIP UMBY bisa membuat ide-ide dan kegiatan yang kreatif dalam bentuk penelitian dan pengabdian masyarakat.